alexametrics
31.8 C
Mojokerto
Friday, October 7, 2022

MajaFest 2022, Dongkrak Popularitas Wisata Kuliner

Ajak Hotel dan Restoran Sajikan Nasi Jagung dan Sambel Wader

MajaFest 2022 tak hanya menyajikan keindahan fashion show dan pameran produk UMKM saja. Namun, di event ini, juga menjadi ajang mempopulerkan nasi jagung dan sambel wader sebagai kuliner khas Kabupaten Mojokerto.

Menggandeng PKK se-kabupaten, hotel, dan restoran, kegiatan yang berlangsung di lapangan Trawas, Rabu (4/8), diikuti 26 peserta. ’’Tujuan festival makanan ini untuk memperkuat image bahwa nasi jagung dan sambel wader adalah kuliner yang identik dengan Kabupaten Mojokerto,’’ ungkap Kepala Disbudporapar Kabupaten Mojokerto Norman Handhito.

Puluhan peserta yang terdiri dari 18 kecamatan, hotel dan restoran ini akan dipilih tiga juara dan tiga harapan. Sehingga dengan festival ini diharapkan lebih menguatkan kuliner khas yang dimiliki bumi Majapahit. Sekaligus bisa memperkaya sajian dari sambel wader dan nasi jagung yang keduanya sudah banyak dijumpai dan menjadi ikon di Kecamatan Trowulan, dan Sendi, Kecamatan Pacet. ’’Jadi, ini tentu menjadi sebuah tantangan bagi para peserta dalam menyajikan sambel wader dan nasi jagung untuk kita populerkan,’’ tandasnya.

Baca Juga :  Habiskan Seribu Tusuk Sehari, Jadi Langganan Pejabat

Sementara itu, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengatakan, mengangkat nasi jagung dan ikan wader ini sebagai upaya pemda mendongkrak ekonomi kreatif yang sudah melekat di wilayahnya. Sekaligus memasyarakatkan dan mematenkan terhadap makanan khas Kabupaten Mojokerto. ’’Dan besok (hari ini), kita juga akan memecahkan rekor muri 1.000 layah sambel wader,’’ ungkapnya.

Untuk mempopulerkan menu ini menjadi kuliner khas, pemda juga menggandeng hotel dan restoran. Supaya lebih dikenal dan lebih paten lagi, pemda meminta lestoran dan hotel ikut serta menyajikan makanan ini menjadi salah satu menu bagi para tamu. Harapannya, warga luar yang ke Mojokerto yang mencari nasi jagung dan menikmati wader, tidak harus jauh-jauh ke Trowulan atau pun Sendi, Pacet.

Baca Juga :  Three Oktovani, Pelajar yang juga Pelukis Berkebutuhan Khusus

’’Masyarakat bisa mendapatkannya di setiap pusat kuliner. Semuanya ada. Harapannya seperti itu, karena tujuan MajaFest tidak lepas untuk menggerakkan ekonomi dan pendapatan masyarakat kita,’’ bebernya.

Ikfina menegaskan, jika tahun ini MajaFest mendongkrak popularitas nasi jagung dan sambel wader, tahun depan, sudah saatnya untuk mengangkat jajanan khas Kabupaten Mojokerto. Untuk mengindetifikasi, pihaknya meminta Disbudporapar untuk mempersiapkannya. Apakah jajan khas itu nanti berdasarkan histori atau kondisi alam yang mendukung.

’’Kemudian saat rekor muri-nya, juga kita buat jajanan dalam skala besar. Sehingga setiap tahun selalu ada tema untuk bisa mengembangkan lapangan kerja untuk masyarakat, tentunya dengan karakteristik yang dimiliki berdasarkan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Mojokerto,’’ jelasnya. (ori/ron)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/