Rabu, 01 Dec 2021
Radar Mojokerto
Home / Sportainment
icon featured
Sportainment
Olgaholic

Sirkuit Pertama di Indonesia

21 Oktober 2021, 10: 05: 59 WIB | editor : Fendy Hermansyah

Sirkuit Pertama di Indonesia

SIRKUIT PERTAMA: Suasana sirkuit Ancol ketika diadakan perlombaan (dok internet for jawaposradarmojokerto.id)

Share this      

BANYAK yang menganggap Sirkuit Sentul adalah sirkuit pertama di Indonesia. Padahal, sebelum Sentul dibangun pada tahun 1992, sudah ada arena balap yang sudah lebih dulu berdiri, yakni sirkuit Ancol Jakarta.

Sirkuit Ancol merupakan sirkuit otomotif pertama yang dibangun tahun 1970. Sirkuit Ancol, terletak di dalam arena rekreasi Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Saat awal dibangun, olahraga balap mobil atau motor adalah hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Banyak orang penasaran ingin melihat seperti apa mobil dan motor saling berpacu kecepatan di medan khusus.

Pembangunan sirkuit ini banyak disumbang sponsor. Dan Tinton Soeprapto, pembalap berprestasi jebolan Sirkuit Ancol saat itu sempat ditunjuk sebagai maskot oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin. Tujuannya, agar banyak menyedot pembalap asing agar mau bertarung. Sirkuit Ancol awalnya dikelola BPP Ancol, dan sempat dipegang oleh Herman Sarens Sudiro. Sedangkan Tinton Soeprapto kebagian pada tahun 1983.

Baca juga: Gaet Tiga Pemain Eks Liga 2

Ciputra merupakan pemilik lahan Sirkuit Ancol. Ciputra tidak berniat melepaskan lahannya tersebut. Sehingga status dari lahan Sirkuit Ancol pada saat itu masih dipinjamkan sampai ada sirkuit penggantinya. Luas area Sirkuit Ancol semula 40 hektar. Kemudian mengecil dan menyisakan lahan hanya sekitar 12 hektar.

Selain warga yang terganggu deru mesin balap dan polusi asap, Sarana di dalam arena juga banyak yang sudah rusak. Hingga pada akhirnya Sirkuit Ancol pun ditutup pada tahun 1992, dan digantikan Sirkuit Sentul yang berada di Bogor, berjarak 40 km dari Jakarta. (far/fen)

*dikutip dari berbagai sumber

(mj/far/fen/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia