30.8 C
Mojokerto
Thursday, February 9, 2023

KONI Minta Sepuluh Cabor Serius Ikuti Popda

KABUPATEN, Jawa Pos Radar Mojokerto – Tidak hanya sekadar ikut, KONI Kabupaten Mojokerto juga mewanti-wanti sepuluh cabor agar serius dalam mengikut pekan olahraga pelajar daerah (popda) Jawa Timur mulai hari ini di Sidoarjo. Bahkan, KONI menarget 10 cabor mampu merebut medali di ajang dua tahunan tersebut. Capaian di Popda nantinya bakal dijadikan patokan di Porprov tahun depan.

10 cabor tersebut di antaranya atletik, gulat, karate, renang, wushu, taekwondo, catur, balap sepeda, selam, dan petanque. Sejak September lalu, mereka lebih dulu mengawali training center (TC). TC digelar dalam dua kategori sekaligus, yakni TC Porprov dan Popda. Meski berbeda jenjang dan kategori kejuaraan, namun proses latihan atlet berjalan bersamaan. Cara ini dilakukan agar atlet bisa saling bekerja sama dalam meningkatkan kualitas skill-nya.

Baca Juga :  Uniknya Keripik Pelepah Pisang Buatan Warga Jatirejo Kabupaten Mojokerto

’’Yang atlet Popda bisa menempa skill-nya saat sparing dengan seniornya yang turun di Porprov. Sementara yang senior akhir punya partner dalam meningkatkan performa,’’ terang Ketua Umum KONI Kabupaten Mojokerto, Suher Didieanto.

Meski mematok target, namun Suher tak membebani cabor dengan jumlah medali tertentu. Menurutnya, cara tersebut sudah cukup memberikan pressure bagi cabor dalam merealisasikan target yang diemban.

Hanya saja, dalam prosesnya, atlet dan ofisial tetap diminta bermain tulus. Sehingga tidak menjadi beban selama berjuang di Popda nanti. ’’Tidak, kami tidak ada patokan jumlah dan jenis medalinya, yang penting bisa membawa harum nama daerah. Karena Popda ini kan sama seperti miniaturnya Porprov,’’ tandasnya.

Baca Juga :  Wow! Lifter Kota Mojokerto Catat Rekor Baru

Dilihat dari track record-nya, 7 dari 10 cabor kerap meraih medali untuk Kabupaten Mojokerto, khususnya saat turun di Porprov VII kemarin. Mereka adalah atletik, gulat, karate, wushu, taekwondo, catur, dan petanque. Selain mereka, 6 cabor peraih medali Porprov VII juga sudah mengawali TC. Di antaranya kick boxing, menembak, biliar, hoki, arung jeram, dan bulutangkis.

Sejak awal, mereka telah diminta KONI untuk mengawali TC agar persiapan berjalan efektif sehingga potensi perolehan medali semakin besar. ’’Tidak kami patok mulai kapan waktunya. Yang pasti, kami minta semua cabor agar secepatnya memulai TC,’’ pungkasnya. (far/ron)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/