29.8 C
Mojokerto
Wednesday, November 30, 2022

Ritual di Pengujung Suro Kirab Sang Saka Raksasa Sepanjang 1 Km

JETIS, Jawa Pos Radar Mojokerto – Bendera merah putih sepanjang satu kilometer mengular di sepanjang jalan raya Desa Ngabar-Jetis, Kecamatan Jetis, Minggu (28/8) siang. Arak-arakan bendera raksasa itu merupakan bagian dari rangkaian ritual tutup suro.

Kegiatan kirab budaya yang diinisiasi Sanggar Kerto Kerti Kencono Bhuwono tersebut diikuti oleh ribuan warga. Mereka memadati sepajang jalan di tepi Kali Marmoyo dengan menggunakan pakaian hitam-hitam. Bendera merah putih sepanjang satu kilometer itu diarak dari Lapangan Desa Ngabar menuju lokasi sanggar yang berjarak sekitar lima kilometer.

Selain keberadaan bendera raksasa, kirab budaya juga dimeriahkan dengan penampilan kesenian antara lain reog dan jaranan. ”Kirab budaya ini dalam rangka ritual tutup suro yang dilaksanakan pada akhir bulan Muharam,” ujar Keken M Masruhan, panitia kegiatan.

Baca Juga :  Pakai Stiker Berlangganan, Tetap Ditarik Parkir

Menurutnya, ritual penutupan bulan sakral ini diawali dengan kirab budaya. Yakni berjalan kaki menuju Sanggar Kerto Kerti Kencono Bhuwono yang terletak di Dusun Pecarikan, Desa/Kecamatan Jetis. ”Ada ribuan peserta yang ikut kirab ini,” imbuhnya. Kegiatan ini disambung dengan ritual doa di sanggar.

Keken menyatakan, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk melestarikan budaya. Sekaligus mengenalkan nilai-nilai perjuangan dan persatuan kepada generasi penerus. (adi/ron)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/