25.8 C
Mojokerto
Saturday, December 3, 2022

Mojobatik Festival 2022, Kreativitas dan Kampanye Produk Lokal Kota Mojokerto

MOJOBATIK Festival 2022 yang digelar Disporapar Kota Mojokerto 5 Desember 2022 nanti, tak hanya menjadi wadah kreativitas para model dan desainer anak-anak muda Kota Mojokerto namun juga menjadi ajang berkampanye produk lokal.

’’Ini adalah cara untuk mendukung industri sektor kreatif, khususnya batik di Kota Mojokerto. Ajang semacam ini akan terus kita gelar sebagai salah satu pendorong pemulihan ekonomi,’’ kata Kepala Disporapar Kota Mojokerto Novi Rahardjo.

Bagi Novi, MBF juga menjadi wadah kreativitas anak-anak muda daerah yang memiliki passion di bidang fashion, khususnya batik. Selain juga, sebagai sarana mengenalkan produk yang dihasilkan warga sekitar. ’’Lewat ajang ini, kami berharap para perajin batik lokal kembali bergeliat. Kembali berkreasi setelah stagnan karena pandemi, dan tentunya pesanan kain batiknya juga kembali pulih,’’ katanya.

Baca Juga :  Bus Transjatim Koridor Mojokerto Bakal Segera Dioperasikan

Selain itu, tegas Novi, event ini juga menjadi salah satu alternatif untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak muda pada kain batik yang merupakan warisan budaya bangsa. ’’Kami yakin dengan terus memberikan panggung seperti ini akan mampu memunculkan bibit-bibit desainer potensial daerah,” katanya.

Ajang ini disambut antusias oleh desainer lokal Kota Mojokerto. Salah satunya, Luceat By Frinsisca. Dalam kesempatan ini Frinsisca memperagakan busana pesta yang dia rancang sendiri bersama sang ibunda. ’’Senang bisa ikut lagi. Dulu pernah ikut, lalu vakum karena pandemi. Ini kesempatan menyalurkan passion saya,’’ katanya.

MBF juga mendapat apresiasi positif dari pemerhati busana, Ester. Desainer yang juga pemilik E-Modeling ini sudah beberapa kali terlibat dalam ajang fashion. Menurutnya, gelaran ini mengalami peningkatan kualitas. ’’Kreativitas peserta sudah semakin baik. Hanya perlu sedikit pendampingan agar mereka lebih memahami tema. Misalnya, konsep yang benar untuk busana pesta itu seperti apa. Sehingga desain mereka bisa benar-benar diterima pasar,’’ pungkasnya. (bas/ron)

Baca Juga :  PSMTI Kota Mojokerto Peringati HUT Ke-24

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/