25.8 C
Mojokerto
Thursday, February 2, 2023

Dishub Mojokerto Siagakan Belasan Supeltas, Jaga Perlintasan Rel Tanpa Palang

Gandeng Desa Bicak dan Balongwono

TROWULAN, Jawa Pos Radar Mojokerto – Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Perhubungan (DPRKP2) Kabupaten Mojokerto tengah fokus melakukan peningkatan keselamatan pengguna jalan di perlintasan tanpa palang pintu Desa Bicak dan Balongwono, Kemacatan Trowulan. Jumat (2/12) pagi. Dishub melakukan monitoring untuk penempatan penjaga di dua perlintasan rawan kecelakaan tersebut.

Kepala DPRKP2 Kabupaten Mojokerto Rachmat Suharyono menerangkan, pihaknya menggandeng pemerintah desa setempat untuk bersama-sama menjaga keselamatan pengguna jalan di dua perlintasan tersebut. ’’Kami terus berkoordinasi dengan Pemdes Bicak dan Balongwono. Sementara ini kami melibatkan warga setempat untuk menjaga perlintasan berdasarkan SK kades,’’ ungkapnya, Jumat (2/12).

Hasil monitoring menunjukkan, untuk menjaga dua perlintasan selama 24 jam penuh, setidaknya dibutuhkan 16 sukarelawan pengatur lalu lintas (supeltas). Namun, sejauh ini baru ada 14 supeltas yang digaet pemdes dan dishub. ’’Mekanismenya, Dishub yang memberi honor para supeltas ini. Idealnya, setiap perlintasan ada delapan penjaga. Namun, sejauh ini untuk Balongwono masih enam penjaga sementara Bicak sudah delapan. Tapi, ini masih terus berjalan,’’ bebernya.

Baca Juga :  Kerajinan Sarung Tenun Satu-satunya di Kota Mojokerto

Rachmat mengatakan, nantinya bakal ditunjuk satu petugas dishub yang bertanggung jawab di setiap titik. Utamanya, untuk melakukan fungsi pengawasan perlintasan sebidang itu hingga palang pintu rampung dibangun tahun depan. ’’Nanti istilahnya ada komandan pleton dari dishub yang akan rutin melakukan monitoring dan mengecek ke lokasi secara bergiliran. Namun, ini akan terus kami evaluasi karena masih dalam tahap persiapan,’’ tandasnya. (vad/fen)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/