Kamis, 20 Jan 2022
Radar Mojokerto
Home / Sambel Wader
icon featured
Sambel Wader
Cak Bas, Ikon Baru Jawa Pos Radar Mojokerto

Wes Ngunu Ae Rek!

15 Oktober 2021, 10: 00: 59 WIB | editor : Fendy Hermansyah

Wes Ngunu Ae Rek!

FIGUR IKON: Cak Bas menjadi figur ikon baru Jawa Pos Radar Mojokerto (Sofan Kurniawan/jawaposradarmojokerto.id)

Share this      

PERKENALKAN. Cak Bas, figur ikon YouTube Radar Mojokerto Channel milik Jawa Pos Radar Mojokerto.

Menyambut era digitalisasi, Jawa Pos Radar Mojokerto menelurkan figur ikon untuk konten digital yakni Cak Bas. Figur ikon yang tampil mengisi konten-konten di YouTube Radar Mojokerto Channel.

Cak Bas tampilannya khas dengan rambut kribo. Dia memakai kaus dan berkalung sarung. Memakai celana tiga perempat dan sandal lily. Menggunakan bahasa Indonesia yang di kolaborasi bahasa Jawa Timuran.

Baca juga: Percepatan Satu Data Indonesia–Satu Data PALAPA

Gayanya terlihat kocak. Tapi, ketika menyampaikan informasi, Cak Bas menyuguhkan hal yang serius dan sesuai fakta. Sejumlah lokasi sudah disabani Cak Bas bersama tim digital Jawa Pos Radar Mojokerto. Seperti, tempat makan legendaris Mojokerto, Depot Anda di Jalan Bhayangkara, Olivia Bakery Jalan Majapahit, dan sejumlah tempat wisata paling gres di Mojokerto.

Ada kisah unik di balik rambut kribo Cak Bas. Ternyata, rambut keriting itu bukan kepunyaan Cak Bas. Melainkan, milik Bambang ’’Becak Ter-Ter’’, pelawak yang menyampaikan berita secara kocak di stasiun naungan Jawa Pos Group, JTV.

Bambang yang juga orang asli Mojokerto mendadak memberikan rambut wig kribo kepada Cak Bas. ’’Awalnya diberi Bambang ’’Becak Ter-Ter’’. Dia kan sudah pensiun dari dunia hiburan karena sibuk mengajar. Lalu, rambut kribonya diwariskan kepada saya,’’ beber Cak Bas.

Tak pelak, pemberian itu dianggapnya hal yang istimewa. Maklum, Bambang ’’Becak Ter-Ter’’ terbilang melekat dengan warga Jawa Timur. Pemberian itu, kata Cak Bas, memantik ide untuk mengikuti jejak Bambang. ’’Ya, ingin menyampaikan informasi masyarakat, mengenalkan sosok, atau tempat dengan gaya yang serius tapi santai,’’ ujar Cak Bas.

Gayung pun bersambut. Jawa Pos Radar Mojokerto juga tengah berbenah menyambut era digitalisasi. Setelah melalui diskusi gayeng, lahirlah Cak Bas. Sosok ikon bagi YouTube Radar Mojokerto Channel. ’’Kemudian, lahirlah Cak Bas dengan ciri khas rambut kribo yang tampil pada YouTube Radar Mojokerto Channel pada awal September lalu,’’ tandas dia.

Beragam kelucuan kerap muncul ketika pembuatan maupun dalam konten itu sendiri. Itu aksi spontanitas Cak Bas. Meski begitu, Cak Bas selalu menyuguhkan informasi yang berdasarkan fakta. Dan, di akhir pembicaraan, Cak Bas pun kerap berkata, ’’Wes ngunu ae, rek’’. Slogan khas Cak Bas.

Manajer Event dan Pengembangan Bisnis Jawa Pos Radar Mojokerto, Arief Hikmawan mengatakan, konten Cak Bas adalah produk Jawa Pos Radar Mojokerto. Tujuannya, untuk pengembangan platform digital kepunyaan Jawa Pos Radar Mojokerto. ’’Figur Cak Bas sebagai tetenger Jawa Pos Radar Mojokerto hadir pada berbagai platform digital,’’ ujarnya.

Perlu diketahui, Cak Bas bernama asli Ahmad Basuni. Dia karyawan Jawa Pos Radar Mojokerto bagian iklan. Sehari-hari, pria kelahiran Ngoro, Mojokerto, ini bertugas menjalin koneksi dan kerja sama dengan para mitra Jawa Pos Radar Mojokerto. (fen/abi)

(mj/OCE/fen/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia