Kamis, 20 Jan 2022
Radar Mojokerto
Home / Sambel Wader
icon featured
Sambel Wader
Sutoyo

Menulis Buku Memimpin dengan Hati Berbuah Prestasi

04 Januari 2022, 05: 00: 59 WIB | editor : Fendy Hermansyah

Menulis Buku Memimpin dengan Hati Berbuah Prestasi

Sutoyo, Kepala SMAN 1 Sooko Kabupaten Mojokerto (Ahmad Basuni/jawaposradarmojokerto.id)

Share this      

SESEORANG disebut memimpin dengan hati manakala kepemimpinnya dilakukan dengan tulus, ikhlas, dedikatif, dan integritas yang tinggi terhadap organisasi atau lembaganya. Orang-orang yang dipimpinnya bukan dijadikan alat, tetapi diposisikan sebagai pihak-pihak yang terhormat dan dikembangkan agar bisa berkarya dengan baik dan maksimal.

’’Pemimpin dengan hati dibutuhkan di abad 21 ini,’’ ujar Sutoyo, Kepala SMAN 1 Sooko yang baru saja me-launching buku karangannya Memimpin dengan Hati Berbuah Prestasi.

Menurutnya, penyusunan buku ini kelanjutan materi lomba KTI kepala sekolah yang diadakan Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dalam rangka Hari Guru tahun 2017. ’’Saya masuk final sesuai dengan arahan dewan juri Dr Fuad Adman Dosen Universitas Indonesia KTI tersebut yang menilai kontennya baik dan perlu ditingkatkan menjadi buku agar lebih bermanfaat di tanah air,’’ ujar kasek berprestasi juara II Jawa Timur Tahun 2017 ini.

Baca juga: Potret Ekonomi dan Ketenagakerjaan Kabupaten Di Tengah Pandemi

Penulisan buku ke-6 ini juga di-support dan dimotivasi  penuh Kabid GTK Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Ibu Suhartatik SPd, MPsi saat penandatangan penilaian prestasi kerja PNS tahun 2020 pada 16 Februari 2021. ’’Yang istimewa buku ini juga di-launching sendiri oleh Staf Ahli Gubernur Jatim bidang SDM Dr Akhmad Jazuli di Ponpes Al Khodijah Surodinawan tanggal 31 Desember 2021 dan semoga ini menjadi inspirasi kita semua untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia,’’ ujar peraih penghargaan dari Kemendikbud dan Kemenkes ini.

Menurut dia, model dan gaya kepemimpinan ini banyak sekali didasarkan berbagai pedoman yuridis akademis. Gaya dan tipe kepemimpinan dipakai sesuai dasar dan tujuan orang yang memimpin serta situasi dan kondisi yang dipimpin. Untuk melihat hal itu bisa membaca di halaman 52 hingga halaman 71 buku Mempimpin Dengan Hati Berbuah Prestasi. ’’Semoga buku ini bermanfaat bagi kita semua dan bisa menjadi referensi untuk calon pemimpin atau yang sedang memimpin baik formal maupun non formal agar amanah dan bisa mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan orang-orang yang dipimpinnya,’’ tambahnya.

Kegemaran menulis sekaligus editor buku, Sutoyo adalah saat menjadi peneliti berita di Jawa Pos Graha Pena tahun 2001. Waktu itu, Jawa Pos memiliki dewan pembaca yang meneliti berita politik terbitan koran terbesar di Indonesia ini. ’’Saya waktu itu menjadi anggota peneliti berita politika dari situ kemudian saya terus menjadi penulis bahan ajar buku mata pelajaran PKn,’’ imbuhnya.

Pada tahun 2009, ia menjadi pembimbing siswa juara 2 menulis artikel dan membaca APBN yang digelar Depertemen Keuangan. Tahun 2009 dan 2011 menjadi finalis LKTI guru yang digelar Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur.

Pertama kali menulis buku bertaraf nasional pada 2011 yakni buku PKN untuk perguruan tinggi yang diterbitkan Graha Ilmu Yogyakarta. Dan, buku tersebut berhasil mendapat rekomendasi sekaligus penghargaan dari Dirjen Dikti Kemendikbud RI dan Kementerian Kesehatan RI. ’’Buku itu menjadi pegangan bagi mahasiswa perguruan tinggi kesehatan di seluruh Indonesia,’’ ujarnya. (bas/fen)

(mj/BAS/fen/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia