alexametrics
Minggu, 26 Sep 2021
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto
TK Mandala Kota Mojokerto

Bangun Karakter untuk Raih Prestasi

15 September 2021, 10: 45: 59 WIB | editor : Imron Arlado

JAWA POS RADAR MOJOKERTO

Lembaga yang berada di Jalan Malabar XI, Nomor 19, Kedundung Indah, Kecamatan Magersari ini juga membiasakan peserta didik untuk mengikuti berbagai kegiatan. (RIZAL AMRULLOH/radarmojokerto.id)

Kepala TK Mandala Dewining Pratiwi menambahkan, para pendidik di TK Mandala membangun karakter peserta didik melalui berbagai kegiatan sehari-hari. Baik yang dilaksanakan di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah melalui kegiatan outing class.

Menurutnya, pembangunan nilai-nilai karakter dalam diri peserta didik bertujuan agar potensi kecerdasan dapat berkembang dengan baik. Sehingga upaya itu mampu mengantarkan anak untuk bisa meraih prestasi. ’’Jika dalam diri anak sudah tumbuh nilai-nilai karakter, maka setiap anak dapat berprestasi dan menjadi bintang,’’ ulasnya.

Di sisi lain, karakter yang telah terbangun juga bisa membuat anak memiliki rasa percaya diri, bangga, dan menghargai kemampuan yang ada dalam dirinya. Dewining menyebutkan, salah satu pembentukan karakter di TK Mandala dilakukan melalui kegiatan pembelajaran berbasis karakter.

Baca juga: Pemkab Mojokerto Raih Penghargaan WTP 2020 dari Kemenkeu RI

Selain itu, lembaga yang berada di Jalan Malabar XI, Nomor 19, Kedundung Indah, Kecamatan Magersari ini juga membiasakan peserta didik untuk mengikuti kegiatan keagamaan. Yakni dengan menghafal doa-doa, bacaan surat-surat pendek, praktik wudu, salat, serta menggelar kegiatan pada peringatan hari besar keagamaan.

Dia melanjutkan, anak didik di TK Mandala juga dikenalkan dengan lingkungan sekitar melalui kegiatan outing class. Di antaranya dengan melakukan kunjungan ke perpustakaan, TPA Randegan, stasiun, hingga Alun-Alun Kota Mojokerto. Peserta didik juga diajak mengenal flora dan fauna dengan berkunjung ke perkebunan dan peternakan. Termasuk mengasah skill dan kemandirian melalui kegiatan fun camp dan outbound.

 Tak berhenti di situ, bakat dan minat siswa juga dikembangkan lewat kegiatan kkstrakurikuler (ekskul). Meliputi, drumband, renang, samroh, menari, melukis, menyanyi dan robotic.

Dengan berbagai kegiatan penumbuhan karakter tersebut mengengmbangkan potensi kecerdasan anak. Baik dari sisi nilai agama dan moral, sosial emosional, kognitif, bahasa, seni, hingga perkembangan fisik motorik. ’’Jika karakter telah terbangun dengan baik, maka akan baik pula aspek perkembangan anak. Sehingga kelak bisa jadi bekal di kehidupan selanjutnya,’’ pungkas Dewining. 

(mj/ram/ron/JPR)

 TOP