alexametrics
Minggu, 26 Sep 2021
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto
TK Mandala Kota Mojokerto

Kembangkan Potensi Sesuai Kecerdasan Anak

15 September 2021, 10: 15: 59 WIB | editor : Imron Arlado

JAWA POS RADAR MOJOKERTO

TK Mandala turut berperan dalam mencerdaskan generasi di Kota Mojokerto. (RIZAL AMRULLOH/radarmojokerto.id)

Membangun karakter pada anak usia dini menjadi hal sangat penting. Tak hanya sebagai bekal pada kehidupannya kelak, melainkan juga untuk mengembangkan potensi dan kecerdasan dalam diri anak-anak. Setidaknya, pedoman itulah yang hingga saat ini diterapkan Taman Kanak-kanak (TK) Mandala Kota Mojokerto.

Sebagai salah satu lembaga formal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TK Mandala turut berperan dalam mencerdaskan generasi di Kota Mojokerto. Dengan kondisi sosial budaya masyarakat kota yang beraneka ragam, maka pihak sekolah melakukan pengembangan dengan memahami karakteristik setiap siswa. ’’Karena semua perbedaan itu akan berpengaruh terhadap hasil perkembangan anak didik,’’ terang Kepala TK Mandala Dewining Pratiwi, S.Pd.

Karena itu, para pendidik di TK Mandala dibekali kemampuan memahami karakter setiap anak. Dan, nilai karakter tersebut dibangun untuk mengembangkan potensi siswa sesuai dengan kecerdasan masing-masing.

Baca juga: Menko Airlangga Beri Perhatian Pada Industri Musik Tanah Air

TK Mandala turut berperan dalam mencerdaskan generasi di Kota Mojokerto.

TK Mandala turut berperan dalam mencerdaskan generasi di Kota Mojokerto. (RIZAL AMRULLOH/radarmojokerto.id)

Dewining menjelaskan, pada dasarnya anak mempunyai tingkat kecerdasan tinggi. Namun, hal itu cenderung tidak tampak karena sejumlah faktor penghambat. Di antaranya disebabkan perasaan malu, takut, tidak percaya diri, dan lain sebagainya. ’’Sehingga potensi kecerdasan tidak muncul. Apalagi kalau tidak ada motivasi dari orang tua,’’ tandasnya.

Padahal, ungkap dia, pada diri anak terdapat sembilan bentuk kecerdasan yang disebut multiple intelligences atau kecerdasan majemuk. Meliputi kecerdasan musikal, naturalis, linguistik, interpersonal, intrapersonal, visual spasial, logika matematika, kinestetik, serta dan kecerdasan moral. ’’Setiap anak juga tidak bisa disamakan. Karena cara untuk mengeluarkan dan mengembangkan potensinya berbeda antara satu dengan yang lain,’’ ulasnya.

Setiap kemampuan anak didik di TK Mandala akan terus distimulasi dan dikembangkan oleh pendidik. Itu pun tidak sebatas dilakukan pada kecerdasan tertentu saja. Karena banyak potensi lainnya yang juga bisa dikembangkan dalam diri siswa. ’’Dengan mengetahui kecerdasan anak, kita dapat memberikan pengembangan belajar yang lebih bervariasi,’’ ulasnya.

Agar pengembangan kecerdasan anak dapat terbentuk dengan lebih baik, TK Mandala juga menumbuhkan character building pada anak. Di antaranya dengan menanamkan berbagai nilai-nilai karakter. Antara lain, religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, dan demokratis.

Selain itu, anak didik juga dibiasakan memiliki rasa ingin tahu, cinta Tanah Air, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, serta bertanggung jawab. ’’Harapannya dengan mengembangkan potensi peserta didik bisa mengantarkan anak-anak untuk meraih prestasi dengan pondasi karakter yang baik,’’ tuturnya. 

(mj/ram/ron/JPR)

 TOP