alexametrics
Selasa, 21 Sep 2021
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto

BPN Bagikan Sertifikat PTSL di Desa Centong

03 September 2021, 08: 35: 59 WIB | editor : Imron Arlado

JAWAPOS RADARMOJOKERTO

SERTIFIKAT: Pemerintah Desa Centong dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupan Mojokerto menyerahkan sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk warga. (H. Achmad Basuni/radarmojokerto.id)

Pemerintah Desa Centong, Kecamatan Gondang, dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Mojokerto menyerahkan sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk warga. Kali ini, sertifikat dibagikan sebanyak 200 sertifikat di balai centong Kamis( 2/9).

Kepala Desa (Kades) Centong Santriyan Arif Efendi mengatakan, sertifikat ini merupakan yang kali pertama dari 2.600 berkas yang di ajukan ke BPN Kabupaten Mojokerto sejak awal 2021. Program PTSL ini disambuat antusias warga. Sebab, selama ini belum ada program semacam PTSL yang masuk ke Desa Centong. Berkat kerja keras perangkat desa dan BPN Mojokerto, sertifikat program ini bisa dibagikan. ’’Alhamdulillah hari ini kita bagikan 200 sertifikat ke warga dan akan dilanjutkan pada hari berikutnya. Karena masa pandemi Covid, semua harus menggunakan prokes dengan ketat,’’ katanya.

Sementara itu, Perwakilan BPN Kabupaten Didik Edi Riyanto mengatakan, sertifikasi tanah melalui program PTLS merupakan salah satu program strategis BPN yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Program PTSL berupa pendaftaran tanah untuk kali pertama yang dilakukan secara serentak bagi semua objek pendaftaran tanah. Selain itu, juga merupakan program yang membantu masyarakat agar memiliki bukti hak milik sah tanah secara hukum. Pihaknya bahkan mengimbau masyarakat setelah mendapat sertifikat tersebut agar digunakan sebagaimana mestinya dan mempunyai manfaat. 

Baca juga: Sektor Pendidikan di Kota Mojokerto, Digelontor Rp 185 Miliar

’’Kami memilih Desa Centong untuk program PTSL ini karena antusias warga dan perangkat desa sangat luar biasa. Dan dari 2.600 berkas yang diajukan, 2.000 berkas sudah selasai dan akan dibagikan secara bertahap,’’ ujarnya.

Salah satu warga penerima sertifikat program PTSL, M Rifai, mengatakan, progam seperti ini sangat berguna dan bermanfaat. Terlebih untuk masyarakat desa. Dia berharap, program-program PTSL semacam ini ke depan terus dilaksanakan dan dipertahankan. ’’Kami warga desa dan saya secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa dan BPN yang telah memberikan program PTSL ini kepada masyarakat,’’ pungkasnya. 

(mj/BAS/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya