alexametrics
Selasa, 21 Sep 2021
radarmojokerto
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Parkir liar di Kota Mojokerto Masih Marak

20 Agustus 2021, 12: 00: 59 WIB | editor : Imron Arlado

JAWAPOS RADARMOJOKERTO

PERSUASIF: Petugas gabungan menertibkan kendaraan yang parkir liar di bahu maupun area terlarang di jalan-jalan protokol Kota Mojokerto, Kamis (19/8). (YULIANTO ADI NUGROHO/radamojokerto.id)

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto – Parkir liar di Kota Mojokerto masih marak. Kamis (19/8) sebanyak 29 pelanggar terjaring razia penertiban. Tak ada yang dijatuhi sanksi tilang. Mereka sebatas diperingatkan petugas. Razia ini melibatkan petugas gabungan dishub, satpol PP, dan TNI/Polri. Targetnya sejumlah jalan protokol yang kerap ditemui pelanggaran. Meliputi Jalan Pahlawan, Jalan Gajah Mada, Jalan Bhayangkara, Jalan Residen Pamuji, hingga Jalan Majapahit. Hasilnya sebanyak 29 pengendara kedapatan melanggar. ”Meliputi kendaraan roda empat maupun roda dua,” kata Kabid Pengendalian Operasi (Dalops) dan Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto Robik Subagiyo.

Para pelanggar terdiri dari pengendara roda dua dan roda empat yang kedapatan memarkir kendaraan bukan pada tempatnya. Seperti, di trotoar jalan maupun area larangan parkir. Tak ada yang diberi sanksi tilang. Seluruh pelanggar hanya didata untuk kemudian diberi arahan memindahkan kendaraan mereka. Mereka diimbau supaya tidak lagi mengulangi perbuatannya. ”Karena masih PPKM, kami mengedepankan persuasif dan humanis. Jika pelanggar ngeyel baru ditilang,” terangnya.

Kendati demikian, petugas tak segan-segan menjatuhkan sanksi tilang terhadap pelanggar yang tidak kooperatif. ”Kalau ngeyel kita tilang. Termasuk, jika ditemukan kendaraan tidak sesuai spesifikasi pabrik juga ditilang,” ujar dia.Selain menertibkan parkir liar, dalam razia ini petugas juga memberi sosialisasi kepada pengguna jalan dan petugas parkir, agar menempatkan di area yang telah ditentukan. Petugas parkir diminta mengenakan atribut resmi dan memungut retribusi sesuai perda yang berlaku dengan karcis yang sah. 

Baca juga: Berantas Rokok Ilegal, Pemkot Gandeng Media dan Influencer

(mj/ADI/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya