alexametrics
Selasa, 21 Sep 2021
radarmojokerto
Home > Sambel Wader
icon featured
Sambel Wader
Akhmad Luthfi Ramadhani

Bangkitkan Olahraga Hiburan bagi Milenial

09 Agustus 2021, 11: 24: 32 WIB | editor : Mochamad Chariris

Akhmad Luthfi Ramadhani

Akhmad Luthfi Ramadhani (Dok Radar Mojokerto)

Merealisasikan pola pendidikan yang bermutu tidak harus yang bersifat akademis semata. Lebih dari itu. Mendidik anak juga bisa dibawa lewat ajang menghibur, termasuk di bidang olahraga.

NAH, olahraga rekreasi bisa menjadi sarana alternatif dalam mengasah kemampuan bertindak anak, khususnya generasi milenial. Sifatnya yang menghibur dan penuh tantangan dinilai bisa memacu pola pikir positif, sekaligus mengasah keterampilan para generasi muda.

Bahkan, bisa juga ajang untuk membangkitkan nilai-nilai kebudayaan yang kini mulai pudar di era digitalisasi. Cara ini pun ditangkap Akhmad Luthfi Ramadhani, dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin (STAISAM) Pungging, Kabupaten Mojokerto, dengan mendorong munculnya Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI).

Baca juga: Gubernur-Ketua DPD RI Apresiasi Vaksinasi Kota

Akhmad Luthfi Ramadhani (paling kanan) bersama DPD Pertani HKTI Jatim, Lia Istifhama, saat mengunjungi Kabiro Kesra Sekdaprov Jatim Hudiyono, pekan lalu.

Akhmad Luthfi Ramadhani (paling kanan) bersama DPD Pertani HKTI Jatim, Lia Istifhama, saat mengunjungi Kabiro Kesra Sekdaprov Jatim Hudiyono, pekan lalu. (Akhmad Luthfi Ramadhani for Radar Mojokerto)

Doni, sapaan akrabnya, berupaya FORMI bisa hadir sebagai olahraga yang memasyarakat. Yakni, lewat ajang-ajang olahraga tradisional dan petualangan yang sempat berjaya di masanya. ’’Kalau yang tradisional seperti egrang, gobak sodor, main sumpit, dan panahan tradisional. Kalau yang petualangan seperti skateboard, airsoft, BMX, atau sepeda gunung,’’ terangnya.

Doni bukannya tanpa upaya dalam mendorong FORMI agar lebih memasyarakat lagi. Bahkan, pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan Hudiyono, Ketua Umum KORMI Jatim, beberapa hari lalu. Dari komunikasinya dengan Kabiro Kesra Sekdaprov Jatim itu, Doni dituntut agar FORMI bisa aktif di bumi Majapahit.

Salah satunya dengan menyosialisasikan ke mahasiswa atau siswa tentang cara bermain olahraga rekreasi. ’’STAISAM Mojokerto ditunjuk sebagai sarana dalam mensinergikan FORMI di Mojokerto,’’ ujar pria sekaligus guru MI Darul Huda, Desa Gayaman, Kecamatan Mojoanyar ini.

Doni menambahkan, keberadaan FORMI juga menjadi salah satu indikator meningkatnya motivasi berolahraga dari masyarakat. Melalui FORMI, masyarakat bisa menyalurkan hobinya secara terstruktur dan efektif. Semangat untuk menguatkan olahraga juga semakin tinggi.

Mengingat, olahraga dan segala aspek motorik merupakan stimulus pertumbuhan imunitas tubuh. ’’Tentunya, akan menambah motivasi dari pengurus tiap daerah karena FORMI adalah wadah paling efektif bagi masyarakat untuk menyalurkan hobinya,’’ tandasnya. (far/ris)

(mj/far/ris/JPR)

 TOP