alexametrics
Minggu, 25 Jul 2021
radarmojokerto
Home > Journey
icon featured
Journey
Gunung Bekel

Pesona Pendakian di Jalur Bersejarah

09 Juli 2021, 09: 00: 59 WIB | editor : Imron Arlado

radarmojokerto.jawapos.com

Candi Kendalisodo menjadi salah satu peninggalan bersejarah di gunung Bekel ini. (Dwiaris/radarmojokerto.radarmojokerto.com)

GUNUNG Bekel menyajikan keindahan yang memukau. Tak sekadar alam yang yang masih perawan. Namun, berbagai situs dan peninggalan purbakala yang memiliki nilai sejarah tinggi, juga menyatu di lokasi ini.

Anak dari Gunung Penanggungan ini memiliki ketinggian 1.238 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini berada tepat di sebelah gunung Penanggungan. Situs dan candi peninggalan purbakala ini berada di lereng barat. Seperti Candi Kursi, Candi Buyung, Candi Kama, Candi Kendali, Situs Watu Tulis, dan Candi Kendalisodo. Sedangkan di wilayah timur terdapat Candi Bayi, Cadi Putri, Candi Pura dan Candi Naga.

Pendaki dari berbagai penjuru nusantara kerap menjadikan Gunung Bekel sebagai salah satu tujuan alternatif pendakian karena banyaknya pilihan jalur serta rute pendakiannya.

Baca juga: Bocah SD di Mojokerto Diculik

Pesona gunung yang terletak di perbatasan Mojokerto dan Pasuruan ini kerap digunakan sebagai latar belakang foto karena keindahannya dan kemegahannya dari berbagai penjuru. Pemandangan yang sangat memukau menambah daya tarik tersendiri bagi para pendaki terutama saat momen sunsire dan sunset. ’’Variasi medan pilihan menuju puncak Bekel sangat cocok untuk para pendaki yang juga haus akan potensi sejarah,’’ kata Hari Wibowo, salah satu pendaki.

Peluang jalur pendakian dengan potensi wisata sejarah tersebut dimanfaatkan secara jeli. Bekerja sama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat untuk paket pendakian melalui tim Your Journey milik dari Posnol Penanggungan.

Sayangnya, di masa pandemi seperti saat ini, juga adanya pemberlakuan PPKM Darurat yang membuat semua jalur pendakian ditutup total. Penutupan sementara ini akan dicabut dengan pemberitahuan lebih lanjut.

Pilihan jalur pendakian utama menuju Puncak Bekel adalah melalui Jalur Jolotundo, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas. Jalur yang kerap disebut jalur sejarah atau jalur ziarah. Karena, banyak bangunan candi serta situs purbakala yang akan dilalui pendaki. Jalur ini juga tergolong paling mudah dilalui karena banyaknya sarana penunjang di sepanjang jalan. (dwi)

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya