alexametrics
Minggu, 25 Jul 2021
radarmojokerto
Home > Journey
icon featured
Journey
Sumber Gempong, Ketapanrame, Trawas

View Alam yang Instagramable

25 Juni 2021, 09: 00: 59 WIB | editor : Imron Arlado

radarmojokerto.jawapos.com

Alam yang indah ini menjadi salah satu daya tarik bagi pelancong. (Dwiaris/radarmojokerto.radarmojokerto.com)

TRAWAS masih menjadi primadona para pelancong. Dengan beragam objek wisata yang menarik, kawasan ini seakan menjadi magnet tersendiri wisatawan. Seperti Sumber Gempong. Wisata yang berada  di Desa Ketapanrame ini diklaim sebagai jujugan lantaran view alam yang instagramable.

Sumber Gempong merupakan sumber air alami yang terletak di Dusun Sukorame, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas. Air yang mengalir dari permukaan tanah tersebut konon tidak pernah kering meski saat musim kemarau.

Disebut Sumber Gempong karena sumber mata air sengaja dibendung oleh para sesepuh desa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Warga setempat juga memiliki keyakinan jika mereka yang mandi atau sekadar membasuh muka di lokasi ini akan mendapat berkah serta awet muda.

Baca juga: 10 Hari, 37 Kasus Baru, 6 Meninggal Dunia

Terletak di bawah pohon beringin yang rindang serta deretan pohon bambu yang tumbuh subur, membuat suasana sangat teduh dan nyaman. Apalagi, lokasi sumber air ini berada di pinggiran hamparan persawahan yang asri dan hijau dengan panorama khas pedesaan yang alami. Tak jauh dari lokasi ini terdapat makam sesepuh desa yang dikenal dengan nama Mbah Juwok.

Untuk menuju lokasi Sumber Gempong cukup mudah. Hanya berjarak sekitar 5 menit dari pusat Kecamatan Trawas. Pengunjung tidak bakal kesulitan menemukannya karena untuk menuju lokasi sudah dilengkapi spanduk penunjuk jalan. 

Akses menuju lokasi Sumber Gempong juga sudah terbilang bagus karena melewati jalan desa selepas jalan utama Trawas. Meski di pertengahan jalan terutama selepas pemukiman penduduk ada beberapa bagian jalan yang sedikit rusak. Pemerintah desa setempat sendiri sudah berencana membangun jalan paving dalam waktu dekat. Untuk menyambung akses jalan menuju Dusun Juwok yang sudah berupa hamparan jalan cor yang mulus. (dwi)

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya