alexametrics
Rabu, 16 Jun 2021
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto
Mojo Kembangsore Park, Petak, Pacet

Tanah Kas Desa yang Kaya Wahana Wisata

11 Juni 2021, 08: 10: 59 WIB | editor : Imron Arlado

radarmojokerto.jawapos.com

Mojo Kembangsore Park telah bertransformasi menjadi pasar rakyat, rest area, wahana wisata sekaligus kolaborasi antara pasar tradisional dan pasar modern yang semakin lengkap. (Dwiaris/radarmojokerto.radarmojokerto.com)

Mojo Kembangsore Park (MKP) di Desa Petak, Kecamatan Pacet dibangun indah tak sekadar untuk menarik wisatawan. Namun, juga menjadi pendongkrak ekonomi dan memposisikan warga di kampung ini sebagai investor utama.

Kini, Mojo Kembangsore Park telah bertransformasi menjadi pasar rakyat, rest area, wahana wisata sekaligus kolaborasi antara pasar tradisional dan pasar modern yang semakin lengkap.

Pemerintah Desa Petak mampu memaksimalkan aset desa dalam pengelolaan BUMDES secara efektif. Apalagi, investor utama Mojo Kembangsore Park adalah warganya sendiri. Salah satunya dengan penerapan sistem pembelian saham berupa sertifikat modal, baik secara individu maupun kelompok.

Baca juga: Sunarti : JKN-KIS Penolong Kehidupan Berbiaya Mahal

Kepala Desa Petak Supoyo, mengatakan, pemerintah desa sangat optimis, ekonomi masyarakat desa Petak akan terdongkrak dengan adanya fasilitas penggerak perekonomian rakyat di pasar dan wisata rakyat Mojo Kembangsore Park. ’’Dulu, riwayatnya area ini adalah tanah kas desa (TKD). Semua bantuan murni dari Bantuan Keuangan (BK) desa Kabupaten Mojokerto yang dimulai tahun 2016 hingga 2020. Pasar ini adalah milik desa, dan investor utama adalah masyarakat desa kami sendiri." terangnya.

Saat ini, dari 170 lapak yang tersedia, sudah terisi oleh mayoritas warga Petak. Usaha tak kenal lelah selalu diupayakan Pemerintah Desa Petak dalam memajukan serta meramaikan Mojo Kembangsore Park. Selain menambah wahana permainan, beragam spot foto maupun melengkapi menu sajian makanan dan minuman yang dijual.

Untuk mengisi kekosongan lahan yang akan dibangun Mojokerto Lampion Garden (Molagar) pihak managemen mengisinya dengan aneka event. Mulai dari event lomba foto serta lomba layang-layang, hingga bekerjasama dengan berbagai event organizer maupun mobile carnival untuk meramaikan serta mengisi kegiatan. (dwi/ron)

 

Molagar, Hadirkan Suasana Malam di Siang Hari

MKP di Desa Petak, Kecamatan Pacet bakal memiliki ikon baru bernama Mojokerto Lampion Garden (Molagar). Molagar akan hadir dengan konsep berbeda dengan mengusung berbagai tema dan wahana yang menarik.

Umumnya, wisata lampion hanya tersedia di malam hari, namun Molagar didesain sedemikian rupa agar dapat juga dinikmati di siang hari. Konsep taman lampion tematik aneka ragam tersedia di dalam ruangan. Terdapat tema 1001 malam, juga berbagai tema fantasi ceria bagi beragam kalangan.

Molagar direncanakan rampung dan siap dibuka untuk umum awal tahun depan. Peletakan batu pertama pembangunan Molagar dalam tajuk ground breaking, telah dilakukan oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Senin (31/05) kemarin.

Pada sambutannya, Bupati memberi apresiasi setinggi-tingginya pada Pemdes Petak yang berhasil memaksimalkan BK Desa, untuk diwujudkan dalam pembangunan objek wisata berbasis kemasyarakatan. Bupati berharap agar Desa Petak, bisa menjadi desa pendukung bagi potensi desa yang lain. ’’Saya sangat mengapresiasi Pemerintah Desa Petak, yang akan segera merealisasikan membangun Molagar untuk semakin menyemarakkan Mojo Kembangsore Park. Desa Petak bisa jadi desa supporting yang artinya dapat membantu potensi wisata desa lain di sekitar Kecamatan Pacet," tandas bupati. (dwi)

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya