alexametrics
Rabu, 16 Jun 2021
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto

Priyanto Utomo: Jiwa Keluarga Kami Terselamatkan JKN-KIS

11 Juni 2021, 11: 00: 59 WIB | editor : Imron Arlado

radarmojokerto.jawapos.com

Priyanto Utomo (42) peserta mandiri yang bercerita ketika anaknya menjalani rawat inap karena demam berdarah. (H. Achmad Basuni/jawapos.radarmojokerto.com)

Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) menjadi penyelamat bagi sebagian masyarakat. Seperti yang di alami oleh Priyanto Utomo (42) peserta mandiri yang bercerita ketika anaknya menjalani rawat inap karena demam berdarah. Priyanto melanjutkan, setelah melalui proses IGD, anak saya  kemudian di pindahkan ke ruang rawat inap. Ia mengapresiasi pelayanan yang didapatnya dan menyatakan puas. Baginya ruangan kamar yang bersih, tenaga medis  kesehatan yang ramah dan pelayanan yang baik merupakan citra rumah sakit dalam melayani peserta.

"Sudah dua hari  anak saya mengalami lemas, demam tinggi dan tidak kunjung turun, takut terjadi apa-apa saya  membawanya ke rumah sakit rumah sakit Al-Aziz Jombang melalui Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan langsung  ditangani  sangat cepat dan profesional.

Ia berujar, kondisi anaknya merupaan termasuk katagori darurat sehingga diperlukan perawatan intensif karena trombosit dibawah standar dan harus menjalani rawat inap. Syukurnya, selama beberapa hari dilakukan perawatan inap, kondisi sang anak berangsur membaik dengan ditunjukkannya kadar trombosit yang kembali normal.

Baca juga: Tiga Rekomendasi Penting untuk Capai Ketahanan Air Nasional di 2021

"Selama anak saya menjalani rawat inap, dilayani dengan sabar, ramah, cekatan dan memuaskan. Dokter selalu rutin untuk mengontrol dan perawat pun selalu memberitahu dan mengingatkan untuk minum obat juga kebutuhan apa yang diperlukan pasien selalu disiapkan. Semua biaya rawat inap dan tindakan dijamin sepenuhnya oleh JKN-KIS tanpa ada biaya tambahan sepeser pun," ungkapnya 

Ia juga menceritakan merasakan manfaat JKN-KIS di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Pada waktu itu merasakan nyeri pada sendi dan kesemutan di kaki dan seluruh badan sakit semua. Dari pengalaman menggunakan JKN-KIS, ia dan keluarganya mengapresiasi pada FKTP dan FKTL yang telah memberikan pelayanan dengan cepat dan baik, sehingga jiwa keluarganya terselamatkan. Ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk mendaftarkan diri di Program JKN-KIS ini dan menghimbau peserta untuk selalu tepat waktu dalam membayar iurannya agar suatu saat kalau sakit, kartu bisa langsung digunakan.

“Dari hasil pemeriksaan lab sederhana yang di FKTP, adanya asam urat yang naik dan diberikan resep obat, serta disarankan untuk meminum obat yang berikan secara rutin, pola hidup yang sehat dan olahraga. Saya dan keluarga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan BPJS Kesehatan yang telah menyelenggarakan Program JKN-KIS. Semoga program ini tetap berlangsung, karena banyak membantu masyarakat terutama bagi kalangan menengah ke bawah dan bisa tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” tutupnya (ar/gy)

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya