alexametrics
Rabu, 16 Jun 2021
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto

Malam Ini, PPDB Bakal Ditutup

10 Juni 2021, 11: 00: 59 WIB | editor : Imron Arlado

radarmojokerto.jawapos.com

TAMPAK SEPI: Posko PPDB layanan warga di Dinas P dan K Kota Mojokerto terpantau lengang di hari kedua pendaftaran, Rabu (9/6) (Sofan Kurniawan/Radarmojokerto.jawapos.com)

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto – Suasana hari kedua pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) Kota Mojokerto mulai melandai. Itu terlihat dari pantauan laman pendaftaran PPDB dan kunjungan orang tua di posko PPDB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Mojokerto.

Kurang lebih sejak Rabu pagi (9/6), tak kurang dari lima wali murid yang datang ke posko tersebut. Pendaftar yang mengunggah berkas pun tak membeludak seperti di hari pertama PPDB. Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Mojokerto Putra Wira Perkasa mengatakan, sejak pukul 01.00 dini hari, pendaftaran siswa mulai berangsur-angsur teratur.

Pendaftar di jalur afirmasi masih terus bertambah. Hingga kemarin sore tercatat ada penambahan sebanyak 122 peserta didik yang mendaftar di jalur afirmasi. ”Sebab, masyarakat memaksimalkan pendaftaran di hari pertama. Semisal, ada yang pembenahan data dan lainnya,” jelas Putra. Total siswa yang mendaftar di jalur tersebut mencapai 449 orang.

Baca juga: Dandim 0815 Silaturahmi Bareng Keluarga Besar TNI

Tak hanya itu, berkat pendaftaran online secara penuh tersebut hampir semua sekolah jenjang SMP nyaris terisi di semua jalurnya. Dikatakan Putra, kurang lebih 90 persen masing-masing sekolah hampir memenuhi kebutuhan pagu mereka. Sebaliknya, pemenuhan kuota di SD berbeda. ”Kalau SD masih agak longgar, karena kan hanya ditentukan dari kuota perpindahan tugas orang tua, afirmasi, dan inklusi saja,” sebut dia.

Artinya, secara otomatis apabila pendaftar di salah satu sekolah cenderung banyak di satu jalur. Maka, calon peserta didik baru akan langsung diakumulasikan ke jalur yang paling banyak didaftarkan. Kemudian, untuk pemenuhan kuota lainnya bagi jenjang SD didasarkan pada skala proritas, yakni warga dalam kota.

Pendaftaran PPDB ini, lanjut dia, bakal ditutup hari ini. Setidaknya hingga pukul 23.59 nanti pendaftaran tersebut akan berakhir. Lalu, akan dilanjutkan pada pendaftaran jalur zonasi khusus warga domisili kota pada 29 Juni mendatang. Putra menambahkan, tak hanya di Dinas P dan K, di masing-masing sekolah juga tersedia posko untuk membantu layanan warga yang kesulitan melakukan pendaftaran. ”Disediakan posko untuk melayani warga yang kesulitan dan petugas nya juga ready,” tandas dia. (oce)

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya