alexametrics
Rabu, 16 Jun 2021
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto
SMK Mitra Sehat Mandiri

Lulusannya Dinanti Kalangan Industri, Dalam dan Luar Negeri

09 Juni 2021, 19: 44: 14 WIB | editor : Mochamad Chariris

Pemberangkatan ke lahan praktik dengan fasilitas transportasi udara dari dunia usaha dan dunia industri.

Pemberangkatan ke lahan praktik dengan fasilitas transportasi udara dari dunia usaha dan dunia industri. (SMK Mitra Sehat Mandiri for Radar Mojokerto)

KRIAN, Jawa Pos Radar Mojokerto - Masa lampau, banyak yang masih berpikir mengenyam pendidikan di sekolah menengah kejuruan (SMK) adalah pilihan terakhir. Bahkan, SMK sempat dipandang sebelah mata. Namun, saat ini, lembaga pendidikan kejuruan itu sudah sangat baik dan mampu bersaing. Banyak mengalami perbaikan. Dari kualitas hingga kuantitasnya.

Seperti SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo.Belakangan banyak bekerja sama dengan berbagai perusahaan pelayaran.Seperti PT Gerbang Samudera Sarana, PT Dharma Lautan Utama, PT Sea Safari Cruis, PT Luas Line, PT Temas Line, PT Ekalya Purnamasari, PT Jatim Perkasa Line, PT Sawohi Kentiti, PT Meratus Line, PT Tanto Line, PT Windu Karsa, PT Sril, PT Ratu Kidul Nusantara, PT Damai Lautan Nusantara, PT Berkat Abadi Jaya Makmur, PT Karunia Utama Asia Timur, PT Berlian Lautan Nusantara, dan PT Jembatan Nusantara. Kerja sama itu meliputi link and match.

Di antaranya penerapan project based learning (pembelajaran berbasis proyek riil), sertifikasi kompetensi, praktik kerja lapangan atau magang selama 1 tahun, industri dengan sekolah terlibat aktif mulai. Dari penyusunan kurikulum, mengajar, magang sampai dengan penyerapan lulusan dan pengembang riset bersama.

Baca juga: Pakai Listrik PLN, Tjiwi Kimia Hentikan Penggunaan Pembangkit Mandiri

Ekspresi kegembiraan setelah lulus sertifikasi bahas Jepang dan bersiap bertugas sebagai caragiver di Negeri Sakura.

Ekspresi kegembiraan setelah lulus sertifikasi bahas Jepang dan bersiap bertugas sebagai caragiver di Negeri Sakura. (SMK Mitra Sehat Mandiri for Radar Mojokerto)

Hasilnya, tahun ini lulusan program keahlian Nautika Kapal Niaga SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo. Ada 28 anak dari 32 lulusan jurusan Nautika yang sudah berangkat berlayar dengan wilayah operasi di seluruh Indonesia.

Tidak hanya di wilayah Indonesia. Beberapa alumni bahkan ada yang sudah bekerja di kapal asing di Negara Brazil, Perancis, Uni Emirat Arab, Singapore, dan banyak negara lainnya. ”Mereka adalah lulusan tahun ini. Mereka juga masih menunggu kelulusan.

Tetapi, dari perusahaan sangat membutuhkan mereka. Terlebih, karena mereka lulusan yang sudah memiliki berbagai sertifikat pelaut untuk bisa bekerja di atas kapal. Sebelumnya mereka magang selama 1 tahun penuh di perusahaan-perusahaan tersebut,”  terang Andri, Kepala SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo.

SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo memiliki kebijakan memastikan masa depan anak-anak didiknya. Dengan membuat standarisasi tertentu. Tidak hanya standarisasi secara nasional, tetapi juga internasional. Tentu, mengacu pada lembaga sertifikasi resmi yang dipakai oleh dunia kerja dan industri.

Hal itu dibuktikan dengan adanya sertifikat kompetensi yang dijadikan penunjang ijazah kelulusan. Sertifikat kompetensi tersebut minimal yang dimiliki ada 6 sertifikat. Sebelum menjalani PKL terdiri dari sertifikat rating (juru mudi kapal), sertifikat BST (keselamatan diri), sertifikat AFF (keselamatan saat kebakaran kapal),  sertifikat CCM 1 dan 2 (keselamatan kapal penumpang).

Dan di akhir semester para taruna akan menjalani ujian untuk mendapatkan sertifikat Cargo Handling dan Food Handling. ”Bahkan, kami sangat terbuka kepada lulusan SMK Pelayaran dari sekolah lainnya yang belum bekerja untuk bisa kami fasilitasi pekerjaan,”tandas Kepala Sekolah, Apt. Andri Priyoherianto, S.Farm., M.Si.

Tidak hanya lulusan jurusan pelayaran.Lulusan dari jurusan kesehatan, baik farmasi dan teknologi laboratorium medik dari tahun ke tahun permintaan lulusan oleh industri kian meningkat.

Seperti klinik kecantikan Larissa Aesthetic Center, Apotek K24, dan apotek swasta di wilayah Mojokerto, Sidoarjo, dan Gresik. Sedangkan, jurusan asisten keperawatan sendiri pun tidak tanggung-tanggung, industi yang merekrut bukan berasal dari Jawa Timur, melainkan dari luar negeri. Seperti Jepang, Korea, Taiwan, dan Saudi Arabia.

Tahun ini saja, sebanyak 6 lulusan telah berangkat untuk magang di Jepang. Mereka adalah Fitri Wulandari  dan Afifa Sheila Mitha Zahra dari jurusan Keperawatan bekerja di perusahaan medis sosial Seifukai dan Korporasi Medis Remeika di Kota Hiroshima, Aprilia Nur Azizah dan Anggun Loveiariesa Putri dari jurusan farmasi bekerja di Perusahaan Kesejahteraan Sosial Maple di Kota Aomori.

Putri Nur Fitriana dan Eka Melia Santoso dari jurusan keperawatan bekerja di Perusahaan Kesejahteraan Sosial Maple di kota Aomori. Jurusan kesehatan memang tidak hanya bekerja di rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan. Industri alat kesehatan, medical representative atau detailer dan masih banyak industri bidang medis yang masih sangat membutuhkan lulusan dari jurusan kesehatan.

Sedangkan, lulusan pelayaran malah banyak lowongan  formasi CPNS yang telah menanti. Dalam meningkatkan daya saing lulusan, SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo tidak hanya belerja sama dengan industri saja.Tetapi, juga dengan lembaga pelatihan bahasa asing.

Seperti, kampung Inggris Pare, Kediri, pelatihan grooming dan public speaking dari Kimia Farma, dan Industri Farmasi dalam negeri lainnya. Pelatihan baby spa, pelatihan penguasaan teknologi dan informasi bekerja sama dengan lembaga Diklat Sidoarjo, Training Center (STC).

”Tidak heran jika lulusan jurusan kesehatan begitu diminati oleh industri dan bisa bekerja di luar negeri. Karena memang mereka tersertifikasi dengan kompetensi masing-masing dengan sertifikasi berstandar nasional dan internasional yang dikeluarkan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) Republik Indonesia,” tutur Drs. Abdul Jalal, Ketua Komite SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo. (ris)



(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya