alexametrics
Rabu, 16 Jun 2021
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto

BLK Mojokerto Dapat Bantuan Laboratorium Bahasa

05 Juni 2021, 11: 00: 59 WIB | editor : Imron Arlado

radarmojokerto.jawapos.com

CEK: Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur Dr Himawan Estu Bagijo bersama undangan mencoba alat di laboratorium bahasa. (Dodik/radarmojokerto.jawapos.com)

Balai Latihan Kerja Mojokerto (BLK) mendapat bantuan laboratorium  bahasa dari PT Santos Jaya abadi, Jumat(4/6). Dengan laboratorium ini, BLK bukan hanya menyiapkan calon tenaga kerja dalam negeri tetapi juga dapat melayani dan menyiapkan calon tenaga kerja untuk pasar luar negeri.

Kepala UPT Balai Latihan Kerja Mojokerto Isman Widodo mengatakan, sistem pelatihan di Mojokerto bukan hanya mendidik skill tetapi juga pembinaan mental. Di mana, kurikulum pelatihan diwajibkan melalui tahap pendidikan fisik, mental dan disiplin (FMD). ’’UPT BLK Mojokerto bekerjasama dengan Apindo dan pelaku industri sehingga hasil didikan UPT BLK Mojokerto terbentuk secara fundamental disamping skill juga cinta pada bangsa dan Negara. Cinta lembaga yang dinaungi serta cinta keluarga,'' katanya.

Sementara itu, Deputy Managing Director PT Santos Jaya Abadi Vincent Mergonoto mengapresiasi Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur melalui UPT Balai Latihan Kerja yang telah menyelenggarakan berbagai pelatihan berbasis kompetensi termasuk kompetensi berbahasa asing untuk mempersiapkan calon tenaga kerja agar dapat bersaing di bursa kerja global. ’’PT Santos Jaya Abadi melalui Program Corporate Shared Value PT Santos Jaya Abadi dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan masyarakat di Jawa Timur membarikan bantuan 1 set Laboratorium Bahasa,’’ terangnya.

Baca juga: Kejaksaaan Negeri Jombang Dukung JKN-KIS

Menurutnya, hal ini sejalan dengan misi PT Santos Jaya Abadi. Memberikan dukungan kepada Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Mojokerto, melalui UPT Balai Latihan Kerja Mojokerto dalam upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) calon tenaga kerja. ’’Harapan kami, dengan adanya fasilitas laboratorium bahasa ini, program pengajaran bahasa asing akan menjadi semakin baik. Sehingga UPT BLK Mojokerto dapat mencetak lulusan-lulusan yang siap menghadapi persaingan pasar kerja global dengan bermodalkan penguasaan bahasa asing, minimal Bahasa Inggris yang lebih baik,'' tegas Vincent.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur Dr Himawan Estu Bagijo menambahkan, visi Pemprov Jatim periode 5 yahun ke depan yakni terwujudnya masyarakat Jawa Timur yang adil,  sejahtera, unggul dan berakhlak dengan tata kelola pemerintahan yang partisipatoris inklusif melalui kerja bersama dan semangat gotong-royong.

Sesuai dengan amanat UU 18 Tahun 2017 pasal 40 huruf (A) disebutkan, Pemerintah Daerah Provinsi mempunyai tugas dan tanggung jawab menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kerja oleh lembaga pendidikan dan lembaga pelatihan kerja milik pemerintah dan atau swasta yang terakreditasi. Sehingga sarana laboratorium bahasa ini sangat diperlukan. ’’Saat ini, yang sudah mempunyai perangkat laboratorium bahasa baru ada 6 BLK,’’ pungkasnya. (dik)

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya