alexametrics
Rabu, 16 Jun 2021
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto
COD Tegal Klopo, Desa Pacet

Jauhkan Wisatawan dari Gadget

04 Juni 2021, 09: 35: 59 WIB | editor : Imron Arlado

radarmojokerto.jawapos.com

Objek wisata COD Tegal Klopo yang sangat menarik karena menyuguhkan keindahan suasana pegunungan. (Dwiaris/radarmojokerto.radarmojokerto.com)

DESTINASI wisata di kawasan Pacet kian beragam. Terbaru, Camping ground, Outdoor, Dolanan (COD) Tegal Klopo. Berada di Dusun Pacet Selatan, Desa Pacet tepat setelah tikungan gotekan, objek wisata ini menyediakan permainan tradisional yang hampir punah dan menjauhkan manusia dari gadget.

Tarif masuk ke COD Tegal Klopo bukanlah sistem tiket. Namun diberlakukan sewa lahan. Jadi tidak ada tiket masuk untuk pengunjung. Akan tetapi, jika pengunjung ingin bermalam atau camping, barulah dikenakan sewa lahan sebesar Rp 10.000.

Tarif parkir yang dikenakan juga sangat terjangkau. Hanya Rp 5.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda 4. Fasilitas yang ada juga tergolong lengkap meskipun lokasinya terletak di puncak bukit. Mulai dari kamar mandi, listrik, musala, camping ground hingga beragam spot foto kekinian dengan view siang hari serta malam hari yang sangat memukau.

Baca juga: Pendaftar Sekolah Favorit Membeludak

Jam operasional yang terbuka sepanjang hari selama 24 jam di COD Tegal Klopo lebih mengutamakan penerapan sistem reservasi terlebih dahulu. Namun, pengunjung juga dapat langsung menuju lokasi jika hanya sekedar berfoto ria.

Akses menuju lokasi merupakan jalan aspal serta jalan batako. Semakin mempermudah pengunjung menuju lokasi dengan suasana alam yang tenang dan damai, ditambah dengan udara sejuk khas pegunungan kawasan Pacet. Hal itu tidak lepas dari lokasinya yang berada di ketinggian 868 mdpl, persis di lereng Gunung Welirang yang menjulang.

Dengan suasana asri dan alami, COD Tegal Klopo menjadi salah satu tujuan utama para pecinta alam yang ingin berkemah, terlebih lokasi camping ground di sini tergolong luas dengan fasilitas memadai.

Berkemah di Cod Tegal Klopo juga akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan, terlebih dengan pemandangan Gunung Welirang yang nampak gagah berpadu dengan pemandangan Gunung Penanggungan di kejauhan serta sensasi gemerlap lampu pedesaan Pacet dan Padusan yang indah di malam hari.

Di sisi lereng bukit yang lain, Para pengunjung juga dapat berjalan menyusuri hulu Sungai Kromong, yang dijadikan sebagai titik start dari Obech Rafting Pacet. Sungai ini pun tergolong sangat jernih, karena bersumber langsung dari mata air pegunungan. Terdapat pula bongkahan bebatuan besar yang terletak di sepanjang sungai Kromong.

Kepala Desa Pacet Yadi Mustofa menyatakan, COD Tegal Klopo masuk dalam unit usaha wisata BUMDES Pacet. Dengan harapan dapat menggerakkan perkonomian bagi warga desa setempat.

Sementara itu, Rudiyanto, salah satu pengelola mengatakan dibukanya COD Tegal Klopo menjadi salah satu tujuan wisata sangat berdampak positif bagi warga sekitar Desa Pacet.(dwi)

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya