alexametrics
Rabu, 16 Jun 2021
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto
MAN 2 Mojokerto, Primadona Baru Madrasah

Tak Sekadar Teori, Siswa Langsung Diajari Aplikasi

02 Juni 2021, 08: 35: 59 WIB | editor : Imron Arlado

radarmojokerto.jawapos.com

MAN 2 Mojokerto mewujudkan madrasah yang islami, terampil, riset, cerdas dan berwawasan global. (basuni/radarmojokerto.jawapos.com)

MAN 2 Mojokerto terus tumbuh dan bergerak untuk memenuhi tantangan zaman. Dengan visi misi mewujudkan madrasah yang islami, terampil, riset, cerdas dan berwawasan global. Sekolah di bawah naungan Kemenag ini juga memberi pelayanan pendidikan yang prima, lengkap dan berkualitas.

Salah satu bukti MAN 2 Mojokerto tidak hanya sekolah agama adalah dengan dikembangkannya riset atau penelitian di madrasah ini. Melalui bimbingan karya tulis ilmiah, siswa di sekolah ini diajarkan tentang sains tidak sebatas teori tetapi diaplikasikan dalam berbagai penelitian.

Banyak LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) yang telah diikuti MAN 2 Mojokerto kerap membuahkan prestasi membanggakan. Di antaranya adalah Juara 1 LKTIN tingkat SMA/MA/SMK pada Madura Science and Electrical Festival 2020, Juara 3 LKTIN NutResearch 2020, Juara 2 LKTI pelajar SMA/MA/SMK se Jatim, peringkat 4 Nasional LKTIN MISIP (Millenial Fakultas Scientific Innovation Project) dan banyak lagi yang lain.

Baca juga: Sita Tiga Dus Anggur Merah di Depot Jamu

Sumbangsih MAN 2 Mojokerto untuk dunia penelitian juga tidak diragukan lagi. Seperti temuan handsanitizer dari bahan daun cersen (Juara 1 LKTI Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto (2019), sabun antiseptik dari daun jarak (Inovasi Pemanfaatan daun Jarak/ Ricinus Communis) dan kulit jeruk nipis (citrus aurantifolia) sebagai sabun antiseptik ricitrus folia (Juara 2 LKTI Pelajar SMA/MA/SMK Se-Jawa Timur.

Selain itu, cookies kulit pisang pencegah diabetes melitus (inovasi pemanfaatan limbah kulit musa akuminata menjadi cokupi (cookies kulit pisang) sebagai health promotion dalam pencegahan diabetes mellitus. Inovasi ini mampu meraih juara 4 LKTI Nasional, 2020. Lalu, handsanitizer daun mangga dan jeruk dengan judul penelitian “Eksplorasi Daun Mangga (magnifera indica) dan daun jeruk nipis (citrus aurantifolia) sebagai free germs hand sanitizer (FERTZ) dalam upaya optimalisasi peran pemuda sebagai agent of change guna mewujudkan SDGs 2030” berhasil terpilih sebagai juara 2 LKTI Pelajar Jatim tahun 2020. Dan banyak temuan lain yang bersumber dari riset yang dikembangkan di MAN 2 Mojokerto.

 

 

Asah Life Skill Siswa

Tahun 2019, MAN 2 Mojokerto mendapatkan dana bantuan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dari Direktorat KSKK, Dirjen pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Gedung dua lantai ini seolah menjadi ikon dan primadona baru bagi MAN 2 Mojokerto. Bukan hanya tampilan fisik berupa gedung berlantai dua yang megah. Namun, fasilitas di dalamnya juga tersedia lengkap.

Sebagai madrasah plus keterampilan yang membekali siswa dengan 6 (enam) jenis life skill, yaitu design grafis, animasi, kriya batik, tata busana, tata boga dan multimedia. Pemberian keterampilan ini akan mencetak siswa yang terampil dan dapat berenterpreneur secara mandiri saat tidak melanjutkan ke perguruan tinggi.

Gedung workshop keterampilan SBSN MAN 2 Mojokerto dilengkapi dengan beberapa ruangan untuk praktik keterampilan dengan alat terbaru dan canggih. Pembekalan life skill ke siswa ini include dalam kegiatan intrakurikuler.

Untuk meningkatkan kualitas pengajaran keterampilan di MAN 2 Mojokerto, madrasah juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan dan dunia kerja sebagai tempat untuk pelatihan atau magang. Bursa kerja dan campus fair juga menjadi agenda tahunan rutin di MAN 2 Mojokerto.

 

 

Alumni Diterima Di Kampus Elit dan Sekolah Kedinasan

Akreditasi A yang melekat di MAN 2 Mojokerto, memberi kesempatan yang luas kepada siswa kelas XII untuk mengikuti SNMPTN undangan ke berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia. Ada peningkatan penerimaan alumni MAN 2 Mojokerto di Perguruan Tinggi Negeri dan sekolah kedinasan.

Di tahun 2018-2019, terdapat 120 siswa yang diterima di berbagai PTN (23% dari siswa yang lulus dan melanjutkan ke jenjang selanjutnya), sedangkan pada tahun 2019-2020 mengalami peningkatan yaitu 125 siswa diterima di berbagai PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan sekolah ikatan dinas (26% dari siswa yang lulus dan melanjutkan ke jenjang selanjutnya).

MAN 2 Mojokerto tidak hanya mampu unjuk gigi di tingkat regional dan nasional. Alumni sukses MAN 2 Mojokero saat ini juga ada yang tengah melanjutkan studinya ke mancanegara karena mendapatkan beasiswa prestasi. Di antaranya, siswa yang saat ini tengah kuliah di luar negeri adalah Ahmad faruq Al Hakimi (S-1 Teknik Fisika ITS Surabaya, S-2 Departement of Energy Engineering-NCKU Taiwan, Vira Yuniar (Mahasiswa Sastra Jepang UGM, penerima beasiswa di Fukuoka University dan Kumamoto University Jepang),Thoriq Akbar Murtadho, Jurusan Bisnis Management University Utara Malaysia.(bas)

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya