alexametrics
Rabu, 16 Jun 2021
radarmojokerto
Home > Lifestyle
icon featured
Lifestyle
Kopi Pasir, Mendem Koffie

Aroma dan Taste-nya Berbeda

03 Mei 2021, 22: 30: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Ahmad Iqbal menyeduh kopi dengan metode V60 atau Vietnam.

Ahmad Iqbal menyeduh kopi dengan metode V60 atau Vietnam. (Ricky for Radar Mojokerto)

Teknik menyeduh kopi dengan metode V60 atau Vietnam hal lumrah dilakukan barista. Namun, berbeda yang dijalani Ahmad Iqbal. Dia justru menggunakan media pasir untuk menyeduh kopi. Hasilnya, diyakini meningkatkan cita rasa kopi asli.

METODE menyeduh kopi menggunakan pasir ini dipelajarinya sejak tahun 2020. Ketika Iqbal berkerja di outlet Mendem Koffie, Jalan Benteng Pancasila (Benpas), Kota Mojokerto.

Dia memanfaatkan media pasir dengan jenis silika sebagai media menyeduh kopi. Hal tersebut dianggap remaja 18 tahun ini sebagai keunikan dalam penyajian kopi. Sehingga, menghasilkan sensasi cita rasa kopi yang lebih nikmat.

Baca juga: Selamatkan Generasi Muda, Tak Kendor Perangi Narkoba

”Aromanya lebih keluar sekaligus mengurangi ampas kopi,” jelasnya. Dalam metode penyeduhan, dia biasa menyajikan dua varian kopi, robusta dan arabika. Penyeduhannya setelah dituangi air bersuhu 90 derajat Celcius dalam coffee pot yang diletakkan di atas media pasir untuk dipanaskan kembali. Kemudian dibiarkan selama 5 menit.

Setelah air dalam coffee pot mendidih, kopi lalu siap dituangkan ke dalam gelas untuk dinikmati. ”Kita melakukan dua kali penyeduhan untuk satu gelas kopi. Agar taste kopi yang dinikmati lebih maksimal,” ungkapnya.

Rasa yang dihasilkan dari metode penyeduhan ini menghasilkan aroma kopi semakin tajam. Meski kopi diseduh bercampur dengan ampas, tetapi sebagian ampas kopi akan tertinggal dalam coffee pot.

Namun, sisa ampas yang ikut tertuang dalam gelas akan memberikan sensasi tersendiri bagi penikmat. Kopi pasir ini dihargai Rp 6 ribu-Rp 8 ribu per gelas, tergantung varian kopi yang diinginkan.

Iqbal menjelaskan, banyak pengunjung mampir ke kedai kopi ini untuk sekadar mencicipi rasa kopi pasir racikannya. Dia juga mengklaim metode penyeduhan kopi dengan pasir ini satu-satunya di Mojokerto. (fergy)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya