alexametrics
Rabu, 16 Jun 2021
radarmojokerto
Home > Journey
icon featured
Journey
Arung Jeram Landaian (AJL), Lembah Mbencirang

Pacu Adrenalin di Aliran Sungai Pegunungan

30 April 2021, 10: 00: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Wahana Arung Jeram Landaian (AJL) tersebut akan menyusuri rute Sungai Landaian sepanjang lebih dari 1 kilometer yang melewati Lembah Mbencirang. Setelah melakukan trial selama 3 kali, pengelola memastikan membuka wahana AJL berbarengan saat libur Lebaran

Wahana Arung Jeram Landaian (AJL) tersebut akan menyusuri rute Sungai Landaian sepanjang lebih dari 1 kilometer yang melewati Lembah Mbencirang. Setelah melakukan trial selama 3 kali, pengelola memastikan membuka wahana AJL berbarengan saat libur Lebaran (RINTO TRI LAKSONO/https://jawapos.radarmojokerto.com)

WISATA Lembah Mbencirang di desa Kebontunggul, Gondang dipastikan lebih menarik. Menyusul akan adanya tambahan wahana baru. Yakni, arung jeram. Objek baru yang cukup memacu adrenalin.

Sesuai namanya. Wahana Arung Jeram Landaian (AJL) tersebut akan menyusuri rute Sungai Landaian sepanjang lebih dari 1 kilometer yang melewati Lembah Mbencirang. Setelah melakukan trial selama 3 kali, pengelola memastikan membuka wahana AJL berbarengan saat libur Lebaran nanti.

Pengelola AJL Tri Wahyu Ardiansyah, mengatakan, pembukaan AJL memang dilakukan setelah tahapan trial secara menyeluruh. ’’Kita sudah lakukan survey lokasi sungai secara menyeluruh. Baik dari sisi aliran, arus air, tingkat jeram sampai tingkat kedalaman sungai. Lalu kemudian kita lakukan 3 kali trial. Hasilnya wahana ini sudah siap kita opening saat libur Idul Fitri,” tuturnya.

Baca juga: Sambut Nuzulul Quran, Ning Ita Ajak Makmurkan Masjid

Wahana Arung Jeram Landaian (AJL) tersebut akan menyusuri rute Sungai Landaian sepanjang lebih dari 1 kilometer yang melewati Lembah Mbencirang. Setelah melakukan trial selama 3 kali, pengelola memast

Wahana Arung Jeram Landaian (AJL) tersebut akan menyusuri rute Sungai Landaian sepanjang lebih dari 1 kilometer yang melewati Lembah Mbencirang. Setelah melakukan trial selama 3 kali, pengelola memast

Pria yang akrab disapa Ardian ini menambahkan, untuk rute wahana AJL tersebut akan melewati dua desa. Yakni desa Gumeng serta Kebontunggul. Nantinya, pengelola akan menggunakan Jembatan Blogong, desa Gumeng sebagai titik start. ’’Jadi dari Lembah Mbencirang, para peserta akan menggunakan kendaraan shuttle menuju dusun Blogong, Gumeng,” imbuhnya.

Sementara, sebagai titik finish arung jeram berada di sisi selatan Lembah Mbencirang. Di lokasi ini, pengelola sudah menyiapkan tempat dengan view menarik sebagai lokasi untuk makan siang. Sedangkan, rest area bakal ditempatkan di sekitaran gua yang berada di sekitar pertengahan rute.

Pemakaian aliran Sungai Landaian, menurut Ardian bukan tanpa alasan. Sungai ini dikenal dengan air yang jernih menyegarkan serta debit air yang stabil meski di musim kemarau. Demikian pula dengan tingkat jeram yang relatif tidak terlalu ekstrem. ’’Kita memang rencanakan AJL ini nantinya terbuka untuk umum dan pelajar. Jadi kita pastikan AJL juga aman untuk peserta setingkat SD. Itulah alasan AJL ini kita konsep sebagai arung jeram dengan family trip yang aman untuk semua kalangan,” terangnya. 

Deretan view menarik juga bakal tersaji sepanjang perjalanan. Mulai dari rimbunnya pepohonan bambu hingga gua yang disebut masyarakat sekitar dengan nama Gua Landak. Tak ketinggalan pula keindahan Gunung Welirang yang terpampang jelas saat cuaca cerah.

Selain untuk membuat kawasan wisata Lembah Mbencirang makin menarik, ternyata wahana AJL juga memiliki tujuan mulia. Yaitu menjaga kelestarian alam. Utamanya di sepanjang aliran sungai Landaian. ’’Kita harapkan dengan adanya AJL ini, kawasan sungai Landaian dan sekitarnya akan tetap terjaga kelestariannya,” tandasnya.(nto)

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya