alexametrics
Rabu, 16 Jun 2021
radarmojokerto
Home > Lifestyle
icon featured
Lifestyle
Sekolah Barista Mojokerto

Beginner, Intermediate, hingga Expert

27 April 2021, 18: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Racikan kopi karya salah satu peserta sekolah barista.

Racikan kopi karya salah satu peserta sekolah barista. (Nadia/Radar Mojokerto)

Sekolah khusus barista belakangan ini mulai banyak diminati. Seiring menjamurnya kafe dan perhotelan yang membutuhkan profesi barista. Sekolah khusus seni meracik kopi ini bahkan telah menorehkan banyak barista-barista berkompeten.

RANGGA, founder salah satu kafe bersama Desi mendirikan sekolah khusus barista ini sejak tahun 2018. Lokasinya di Jalan Lingkungan Pekayon, Kelurahan/Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto. Di sekolah ini juga mengajar metode bersama maupun privat. Fasilitas yang disediakan pun lengkap.

”Sekolah ini mempunyai empat tutor, semuanya sudah tersertifikasi. Di samping itu ada alat-alat penunjang pembelajaran barista,” jelas Desi,human resource department (HRD) sekolah barista.

Baca juga: Tersangka Kasus Importir Obat Aborsi Dikeluarkan dari Sel Tahanan

Dia menuturkan, murid yang bersekolah di sekolah khusus barista ini diajarkan ilmu-ilmu dasar. Seperti tentang sejarah perkopian nusantara hingga cara peracikan kopi. Oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) sekolah yang dikelola Rangga ini bahkan dipercaya sebagai tempat uji kompetensi barista di tahun 2018.

Tenaga barista dan tutor bersertifikasi Asean ini turut membuka beberapa kelas baristadengan berbagai tingkat keahlian. Meliputi,beginner, intermediate, dan expert. Sehingga sekolah ini pun juga menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Mojokerto guna memajukan sektor pariwisata di Kota Onde-Onde, khususnya di bidang kuliner dan perkopian.

Setelah mengikuti pembelajaran, murid akan diberikan uji kompetensi untuk menguji hasil dari pembelajaran yang sudah diikuti. Desi menjelaskan, murid dari sekolah barista ini kebanyakan dari luar Mojokerto. Seperti Pasuruan, Malang, bahkan Bandung. ”Yang belajar di sini biasanya karena ingin jadi barista yang handal,” jelasnya. (nadia)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya