alexametrics
Selasa, 13 Apr 2021
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto

Atasi Hama Tikus, Bangun Rumah Burung Hantu

08 April 2021, 11: 00: 59 WIB | editor : Imron Arlado

radarmojokerto.jawapos.com

SIMBOLIS: Penyerahan secara simbolis rumah burung hantu (Rubuha) beserta burung hantu jenis tito alba, dari PG Gempolkrep PTPN X kepada perwakilan petani tebu di wilayah Dawar Blandong, Mojokerto. (Dodik/radarmojokerto.jawapos.com)

Burung hantu memiliki peran penting dalam menanggulangi hama tikus. Hal inilah yang dilakukan PT Perkebunan Nusantara X di wilayah Pabrik Gula Gempolkrep. Perusahaan pelat merah ini memberikan bantuan berupa rumah burung hantu (Rubuha) ke para petani tebu.

Melalui program corporate social responsibility (CSR), penyerahan bantuan ini secara simbolis dilakukan di lapangan Desa Gunungsari, Kecamatan Dawarblandong, Rabu (7/4). Kegiatan ini dihadiri general manager PG Gempolkrep Edy Purnomo, SEVP Operation PTPN X Dimas Eko Prasetyo, Direktur Utama PT Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo, Ketua APTR, Muspika setempat dan perwakilan masing-masing koperasi di wilayah kerja PG Gempolkrep. ’’Ada 17 Kecamatan atau 26 Koperasi di wilayah kerja Pabrik Gula Gempolkrep yang menerima bantuan rumah burung hantu (Rubuha) beserta burung hantunya,'' kata General Manager Pabrik Gula Gempolkrep, Edy Purnomo.

Hal ini sebagai bentuk kepedulian dan rasa ingin ikut menangani permasalahan petani tebu terhadap serangan hama tikus. ’’Dengan adanya kerjasama bantuan ini, kemitraan PG Gempolkrep dengan petani bisa lebih baik dan bisa memberi manfaat untuk kedua belah pihak,’’ lanjutnya.

Baca juga: Peduli Sesama, Staf hingga Tamu Hotel Lakukan Donor Darah

Di lokasi yang sama, SEVP Operational PTPN X, Dimas Eko Prasetyo mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen PT Perkebunan Nusantara X untuk memberikan bantuan sebagai tanggung jawab perusahaan kepada mitra di wilayah kerjanya. ’’Kami berharap sumbangan kami yang tidak banyak ini, nantinya bisa dijaga dengan baik agar menjadi manfaat bagi petani,’’ tambahnya.

Selain bantuan Rumah burung hantu, kegiatan ini juga untuk sosialisasi program agro solution untuk pemenuhan kebutuhan pupuk non-subsidi petani tebu rakyat wilayah kerja PG Gempolkrep dari PT Petrokimia Gresik. Yakni, telah dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara PT Petrokimia Gresik dan Pabrik Gula Gempolkrep, yang ditandatangani oleh SEVP Transformasi Bisnis PT Petrokimia Gresik, Rohmad dengan General Manager Pabrik Gula Gempolkrep, Edy Purnomo.

Selain nota kesepahaman tersebut juga dilakukan penandatanganan Nota Deklarasi Dukungan dan Komitmen Bersama Antara PT. Petrokimia Gresik dan PT. Perkebunan Nusantara X. Salah satu isinya yakni melakukan pendampingan intensif kepada petani peserta program Agro Solution untuk mendukung praktek budidaya pertanian berkelanjutan, peningkatan produksi dan produktivitas, serta pendapatan petani.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, PT Petrokimia Gresik akan mensupport kebutuhan-kebutuhan pupuk dan sebagainya dalam pengelolaan kebun tebu di wilayah kerja Pabrik Gula Gempolkrep pada khususnya dan wilayah PT Perkebunan Nusantara X pada umumnya melalui program agro solution. Program ini merupakan sinergi PT Petrokimia Gresik dengan PT Perkebunan Nusantara X untuk memenuhi kebutuhan pupuk petani. ’’Diharapkan dengan agro solution ini mampu memenuhi kebutuhan pupuk non subsidi yang dibutuhkan petani dalam budidaya tebu,’’ pungkasnya. (dik)

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP