alexametrics
Selasa, 13 Apr 2021
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto
SPS POS PAUD Pertiwi, Wonosari, Ngoro

Gelar Home Visit Dengan Protokol Kesehatan

08 April 2021, 08: 35: 59 WIB | editor : Imron Arlado

radarmojokerto.jawapos.com

SOLUSI: Di era pandemi Covid-19 ini, SPS POS PAUD Pertiwi melaksanakan pembelajaran dengan cara home visit. (basuni/radarmojokerto.jawapos.com)

KEBIJAKAN belajar dari rumah sangat berdampak pada proses pembelajaran di jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD). Sebab, anak-anak usia dini belum bisa mengakses pembelajaran dengan baik. Meski dengan dukungan teknologi digital. Apalagi, tak semua anak mampu membekali dirinya dengan perangkat digital untuk mendukung pembalajaran di rumah.

Dengan kondisi ini, para pengelola PAUD dituntut terus berkreasi dalam menyesuaikan proses pembelajaran yang efektif di masa pandemi Covid-19 ini. Seperti yang dilakukan SPS POS PAUD Pertiwi. Lembaga pendidikan ini rutin melakukan kunjungan ke rumah para anak didiknya.

Hj. Eni Rahmawati M.Psi mengatakan, era pandemi Covid-19 ini, SPS POS PAUD  Pertiwi  melaksanakan pembelajaran dengan cara home visit. Pelaksanaannya bukan tanpa ganjalan. ’’Ini karena keterbatasan sekolah untuk menyelenggarakan sekolah daring melalui aplikasi tidak bisa dilakukan,’’ ujarnya.

Baca juga: Bimtek SP4N-LAPOR!, Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat

SEMANGAT: Kepala dan guru pos PAUD Pertiwi siap melaksanakan home visit.

SEMANGAT: Kepala dan guru pos PAUD Pertiwi siap melaksanakan home visit. (basuni/jprm)

Menurut dia, home visit merupakan solusi yang tepat untuk tetap melaksanakan kegiatan sekolah. Meski hanya dilakukan sekali dalam sepekan. Selain itu, pelaksanaan home visit merupakan realisasi ketaatan untuk melakukan protokol kesehatan dengan ketat.  Karena pembelajaran di rumah memberi nilai positif bagi para murid. Semangat anak terlihat dari caranya menyambut guru, memakai seragam sekolah, dan tidak menangis.

Bahkan, tugas-tugas dapat diselesaikan dengan baik. ’’Hal ini berbeda dengan pengerjaan tugas saat di sekolah sebelum adanya aturan prokes di masa pandemi Covid-19. Jika ada tugas, orang tua yang menyelesaikan tugas. Sementara para murid bermain-main,’’ katanya.

Eni menambahkan, pelaksanaan home visit di era pandemi ini harus dilakukan agar tetap terdapat pembiasaan dalam pembelajaran. Di samping itu, program ini memberikan manfaat yang berarti buat guru, anak didik, hingga orang tua. Karena, dengan program ini, guru dapat mendorong orang tua untuk ikut memotivasi anak agar tetap belajar.

Pemberitahuan materi sebelum guru melakukan kunjungan menumbuhkan sikap orang tua untuk memperhatikan kebutuhan anak. ’’Kehadiran guru di rumah murid dapat menjadi pemicu semangat anak-anak untuk tetap belajar,’’ tambahnya. (bas/ron)

PROFIL SPS POS PAUD  PERTIWI 

Tahun berdiri                     : 2016

Nama kepala sekolah         : Hj. ENI RAHMAWATI, M.Psi

Guru                          : 5 Orang

Pegawai tidak tetap            : 5 Orang

Kwalifikasi akademik        : S2 = 1 orang, S1 = 1 orang, SMA = 3 orang

Jumlah murid                        : 20

Inovasi                   1. Daring method

                         2. Luring method

                         3. Home visid methot

Prestasi                                    : Juara 1 dan juara harapan 2 mewarnai tingkat Kabupaten di Trowulan dalam rangka Hari Pendidikan Nasional

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP