alexametrics
Sabtu, 27 Feb 2021
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto

1.336 Orang Terjaring, Tak Bawa Masker Didenda Rp 75 Ribu

26 Januari 2021, 14: 00: 59 WIB | editor : Imron Arlado

radarmojokerto.jawapos.com

DITERTIBKAN: Petugas gabungan satpol PP dan Polres Mojokerto menjaring pengendara mobil hingga pengunjung warung yang tidak memakai masker. Para pelanggar pun disidang di PN Mojokerto. (Khudori Aliandu/radarmojokerto.jawapos.com)

KABUPATEN, Jawa Pos Radar Mojokerto – Tingkat pelanggaran protokol kesehatan (prokes) Covid-19 sejauh ini masih cukup tinggi. Terbukti, selama sepuluh  hari terkahir di sepanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tahap satu, petugas berhasil menjaring 1.336 pelanggar. Mereka yang kedapatan tak membawa masker saat beraktivitas di luar rumah dijatuhi denda paling tinggi, Rp 75 ribu.

Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Kabupaten Mojokerto Zaki menjelaskan, tren pelanggaran prokes Covid-19 tiap harinya masih terjadi. Total, selama PPKM berlangsung, ada 206 orang terjaring. ’’Per hari rata-rata masih menjaring pelanggar prokes 20 orang. Itu khusus yang kami tindak. Belum lagi yang dilakukan polres,’’ ungkapnya.

Kondisi ini membuktikan jika warga masih belum jera, meski Operasi Yustisi dilakukan petugas gabungan terus dilakukan. Termasuk sanksi denda yang dijatuhkan pada pelanggar senilai Rp 50 ribu sesuai dengan putusan hakim.

Sidang tindak pidana ringan (tipiring) secara daring di Pengadilan Negeri (PN) Mojoketo ini digelar setiap Jumat. ’’Pelanggar yang diberikan sanksi teguran dan membuat pernyataan 180 orang. Sedangkan denda administratif 26 orang,’’ terangnya.

Sementara, untuk pelanggar prokes yang dijaring Polres Mojokerto diketahui lebih banyak. Dalam kurun waktu selama sepuluh hari terkahir, ada 1.130 pelanggar. Jika dikalkulasi, total pelanggar di PPKM tahap satu mencapai 1.336 pelanggar. ’’Setiap hari menjaring 113 pelanggar,’’ ungkap Kasatsabhara Polres Mojokerto, AKP Anwar Iskandar.

Angka itu tersebar di 14 kecamatan sebagai  wilayah hukum Polres Mojokerto. Dengan rincian, setiap polsek berhasil menjaring tujuh pelanggar. Sedangkan di tingkat polres setiap hari menjaring 15 pelanggar. Anwar menegaskan, ratusan warga yang terjaring lantas dijatuhi tipiring dengan sanksi denda administrasi bervariasi. ’’Dendanya variasi, mulai Rp 25 ribu sampai Rp 75 ribu. Tergantung pelanggaran dan keputusan hakim. Terkait pelanggaran tertinggi adalah tidak bawa masker saat beraktivitas di luar rumah,’’ paparnya. Dia menyebutkan, angka ini tentu akan terus meningkat seiring penyisiran untuk mendisiplinkan warga terus digalakkan Satgas Covid-19.

(mj/ori/ron/JPR)

 TOP