alexametrics
Sabtu, 27 Feb 2021
radarmojokerto
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi
Garasi Palet, Desa Gempolkrep

Sulap Palet Jadi Dekorasi Memikat

24 Januari 2021, 11: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Sofa berbahan palet yang diminati pelanggan.

Sofa berbahan palet yang diminati pelanggan. (Dwi Aris/Radar Mojokerto)

Kebanyakan kayu palet limbah dari pabrik menjadi barang tak berguna. Namun, di tangan Khabib Abdulloh, 21, limbah tersebut bisa menjadi bahan dekorasi yang memikat. Keterampilan dan bakat pria asal Desa Gempolkrep ini pun sukses menghasilkan barang bernilai tinggi.

AWAL munculnya ide membuat furniture berbahan kayu palet sebenarnya sangat sederhana. Khabib merasa masyarakat lebih mengenal nama kayu palet dari pada kayu pinus. 

Sehingga, dia bisa menarik kesimpulan, jika ada produk furniture yang ada nama kayu paletnya, orang akan lebih mudah mengenali produk serta pembuatnya. Itulah yang lantas membuatnya memakai Garasi Palet sebagai nama tempat produksi furniture produk dekorasinya sejak awal tahun silam.

Diasan dinding berbahan palet.

Diasan dinding berbahan palet. (Dwi Aris/Radar Mojokerto)

”Nah, nama garasi itu berawal dari tempat buka workshop. Jadi, masuk ke dalam gitu, seperti halnya masuk ke garasi rumah. Makanya, saya namakan Garasi Palet,” terang Khabib. Khabib saat ini memproduksi barang furniture berdasarkan pesanan. Pasalnya, selain masalah permodalan, dia juga merasa belum mempunyai ruang display yang cukup layak.

Kendati begitu, jangkauan pemasaran hasil produksinya sudah lumayan luas. Khabib mengaku hasil produksinya sudah melalang buana hingga penjuru nusantara. Kebanyakan juga berdasarkan pesanan khusus. ”Apalagi, saat ini kebanyakan toko mebel jarang mengambil barang dari bahan kayu palet. Alasannya, harganya terlalu tinggi untuk dijual kembali,” imbuhnya.

Khabib memang membuat produksi yang didesain khusus untuk kalangan menengah ke atas. Bahkan, dengan kualitas pengerjaan, dia berani bersaing dengan produk branded sejenis lainnya.

”Kita memang sengaja membidik rumah tangga dengan kemampuan ekonomi menengah ke atas. Karena produk garasi palet ini punya kualitas yang baik, punya nilai tambah dan bakalan menggunakan sistem go digital. Jadi, pemesanannya lewat aplikasi,” tandasnya. (dwi)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP