alexametrics
Rabu, 27 Jan 2021
radarmojokerto
Home > Sambel Wader
icon featured
Sambel Wader
H. Nur Hadi

Bangun Pembelajaran Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif

05 Januari 2021, 02: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Nur Hadi berada di gedung laboratorium dan perpustakaan MTsN 1 Mojokerto.

Nur Hadi berada di gedung laboratorium dan perpustakaan MTsN 1 Mojokerto. (Basuni/Radar Mojokerto)

Semangat dan inspiratif. Barangkali ini ungkapan yang tepat diberikan kepada Drs. Nurhadi, MMPd,  Kepala MTsN 1 Mojokerto. Pria asal Desa Terusan, Kecamatan Gedeg itu terus memberikan semangat kepada guru dan siswa untuk tetap kreatif dan inovatif selama pandemi Covid-19.

NUR HADI merupakan aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mojokerto yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala madrasah. Sejak menjadi guru di MTsN 1 Mojokerto tahun 1992,

Nur Hadi muda terus mengasah kemampuannya di bidang organisasi dan manajemen madrasah. Hingga tahun2014 saat terpilih menjadi kepala madrsah untuk kali pertama di MIN Medali Puri. Tugas itu pun dijalani dengan baik.

Posisinya sebagai kepala madrasah baru dijalani sejak enam tahun lalu. Kemudian tahun 2016 dimutasi menjadi kepala MTsN 1 Mojokerto hingga sekarang sekolah pertama tempatnya mengajar.

’’Alhamdulilah pimpinan memberikan kepercayaan untuk menjadi kepala madrasah di MIN Medali dan MTsN 1 Mojokerto,” ujarnya. DI MTsN 1 Mojokerto, berbagai terobosan telah dilakukan bersama guru dan karyawan demi peningkatan mutu madrasah selama pandemi Covid-19. 

Seperti,memberikan subsidi pulsa kepada siswa,pembelajaran e-learning dan mengikuti lomba secara daring atau online.Hasilnya selama pandemi ini puluhan piala diraih oleh siswa dan guru MTsN 1 Mojokerto.

’’Saya dituntut mampu merumuskan program, merumuskan kebijakan, dan  memiliki kemampuan manajerial di masa pandemi. Dari menjadi guru dan berbagai organisasi yang diikuti ini sangat menginspirasi saya untuk diadopsi di madrasah. Dan hasilnya, Alhamdulilah prestasi siswa terus ada peningkatan,” ujar tamatan S-2 UTS ini .

Usaha kerasnya berkolaborasi bersama rekan guru karyawan dan siswa dalam meningkatkan mutu madrasah terus dijalankan. Dimulai dengan memberikan upaya membangun mental dan karakter siswa melalui penyadaran akan pentingnya mengasah potensi diri dan tanggungjawab.

Atas capaian berbagai prestasi yang diperoleh MTsN 1 Mojokerto ini, maka tahun 2020, MTsN 1 Mojokerto mendapat bangunan gedung laboratorium dan perpustakaan lantai tiga .

Dengan bangunan tersebut makin mendukung dan menujang pembelajaran untuk menciptakan generasi penerus yang terampil ITserta berakhlakul karimah sebagai generasi penerus.

’’Kita persiapkan sarana dan prasana untuk menuju madrasah hebat dan bermartabat. Disamping itu siswa juga dibekali kegiatan pengembangan bakat minat, baik yang bersifat akademik maupun nonakademik,” ujarnya.

Karena situasi selalu berubah, maka guru dan kepala madrasah dituntut dinamis dan inovatif untuk memperbaiki teknik pengajarannya, juga terus meningkatkan motivasi dan menjaga mutu madrasah dengan mendorong mengikuti berbagai ajang lomba mulai kabupaten hingga nasional.

’’Untuk tetap belajar di masa pandemi ini diperlukan inovasi dan kreativitas dari madrasah. Ini juga sebagai solusi atas beragam kendala,’’ tandasnya alumnus IKIP Surabaya ini. Selama ini, kata dia, kita dipaksa untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kondisi yang ada.

Kondisi ini menuntut dan memaksa kita menguasai IT (informasi teknologi). Karenanya, untuk proses belajar mengajar tetap efektif, maka diperlukan untuk kreativitas tenaga pendidik, supaya proses belajar tersebut tetap berjalan.

’’Karena  berada pada zona merah dan situasi yang belum aman untuk tatap muka memaksa madrasah menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kondisi saat ini,’’ tandas Nur Hadi. (bas)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya