alexametrics
Rabu, 16 Jun 2021
radarmojokerto
Home > Mata Lensa
icon featured
Mata Lensa

Guratan Garis Vertikal dari Semak Belukar

15 Desember 2020, 02: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Semak belukar dan ilalang di pinggir jalan karya Cahyo Wibowo.

Semak belukar dan ilalang di pinggir jalan karya Cahyo Wibowo. (Cahyo Wibowo for Radar Mojokerto)

Aku bermimpi melukis, dan kemudian aku melukis mimpiku.”

Vincent Van Gogh

Pelopor gerakan senirupa modern Eropa

Baca juga: Nikmatnya Menyatu dengan Alam

Foto anggrek spesies asli Pulau Jawa karya Asmaraning Arum.

Foto anggrek spesies asli Pulau Jawa karya Asmaraning Arum. (Asmaraning Arum for Radar Mojokerto)

AKTIVITAS fotografi bisa juga disebut melukis dengan cahaya. Seperti halnya seorang pelukis konvensional melalui media baru bernama fotografi. Seseorang bisa menuangkan segala ide yang ada dalam pikirannya dengan bantuan alat yang dinamakan kamera.

Sejak perkembangan kamera yang pertama kali pada tahun 1834, hingga saat ini manusia tak henti-hentinya bereksplorasi melalui fotografi. Penciptaan-penciptaan visual dilakukan dan menghasilkan berbagai variasi hingga mengelompok menjadi genre.

Saat ini, piranti fotografi begitu mudah dioperasikan. Tinggal kita mengasah keterampilan, mencari ide, bagaimana menciptakan visual seperti yang kita inginkan. Tema Foto Pilihan Minggu (13/11) adalah Flora. Tak harus tanaman mahal untuk menentukan hasil karya foto menjadi baik.

Seperti yang dilakukan Cahyo Wibowo. Ia menjadikan semak belukar dan ilalang di pinggir jalan menjadi tampilan yang menarik dalam bingkai foto. Guratan guratan garis vertikal yang dihasilkan dari belukar tersebut menambah kesan dinamis, ditambah dengan dept of field yang sempit menjadikan ketajaman visuial yang selektif.

Karya kedua adalah milik Asmaraning Arum. Ia menampilkan anggrek spesies asli Pulau Jawa, capra. Penonjolan warna kuning di antara dominasi bidang hitam menjadikan efek low key. Keindahan terlihat pada anggrek tersebut.

Karya ketiga milik Wildan Cahya. Ia menampilkan warna dingin dengan objek daun keladi dibalut tetesan air yang menempel di atasnya. Pengambilan gambar dari atas memberi kesan kokoh nan indah bagi jenis tanaman caladium tersebut.

(mj/fan/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya