alexametrics
Rabu, 27 Jan 2021
radarmojokerto
Home > Politik
icon featured
Politik
Pilkada Mojokerto 2020

Incumbent Tumbang di Kandang

10 Desember 2020, 10: 55: 59 WIB | editor : Imron Arlado

jawapos.radarmojokerto.com

Calon bupati (cabup) petahana Pungkasiadi kalah di TPS 013 Desa Canggu, Kecamatan Jetis tempatnya mencoblos Rabu (9/12) pagi. Kekalahan itu diketahui setelah hasil penghitungan suara oleh KPPS (kelompok panitia pemungutan suara) menunjukkan paslon nomor u (Sofan Kurniawan/Radarmojokerto.jawapos.com)

Calon bupati (cabup) petahana Pungkasiadi kalah di TPS 013 Desa Canggu, Kecamatan Jetis tempatnya mencoblos Rabu (9/12) pagi. Kekalahan itu diketahui setelah hasil penghitungan suara oleh KPPS (kelompok panitia pemungutan suara) menunjukkan paslon nomor urut 03 Pungkasiadi-Titik Masudah (Mas Pung-Mbak Titik) tertinggal dari paslon nomor urut 01 Ikfina Fahmawati-Muhamad Al Barraa (Ikbar) dengan selisih 15 suara.

Hasil ini tentunya tidak terduga. Pasalnya, sebelumnya, Pung menyatakan optimismenya ketika melakukan pencoblosan kemarin pagi. Dalam kesempatan itu pihaknya menargetkan kemenangan di atas 80 persen suara di TPS 013 Desa Canggu tempat kediamanya tersebut.

Ketua KPPS TPS 013 Sutikno mengatakan, hasil penghitungan suara di TPS-nya memang dimenangkan paslon nomor urut 01 Ikbar dengan perolehan 143 suara sah. Menyusul di belakangnya, ada paslon nomor urut 03 Mas Pung-Mbak Titik yang memeroleh suara sebanyak 128 suara sah.

Sementara, paslon nomor urut 02 Yoko Priyono-Choirun Nisa (Yoni) hanya mendapatkan 82 suara sah. Sutikno menyatakan, proses penghitungan suara selama satu setengah jam itu berjalan lancar. Menurutnya,  perolehan suara antara paslon nomor urut 01 dan paslon nomor urut 03 selisih tipis sekitar 12 persen. Dari DPT (daftar pemilih tetap) TPS 013 Desa Canggu sebanyak 453 pemilih, jumlah suara sah yang masuk sebanyak 353. ”Kalau jumlah suara tidak sah ada 12 dan jumlah golput 85 orang,” terangnya.

Pasca penghitungan suara tersebut, petugas KPPS TPS 013 Desa Canggu melakukan pengecekan kembali sebelum kemudian diserahkan ke PPS (panitia pemungutan suara) Desa Canggu. ”Ini sedang di-cross check dulu, nanti kalau sudah clear diserahkan ke (PPS) Balai Desa Canggu,” tandasnya.

Sebelumnya, calon petahana tersebut menunaikan hak suaranya dalam pilkada 2020 kemarin pagi. Pung bersama istri, Yayuk Ismawati, serta ketiga putranya, tiba di TPS yang bertempat di Balai Dusun Kedungsumur, Desa Canggu, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, pukul 08.30.

Turun dari mobil, mereka memasuki TPS dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). ”Alhamdulillah hari ini, ini saya sama keluarga, sama ibu (Yayuk Ismawati), sama anak saya yang dua ini sudah punya hak pilih. Kalau yang satu ini belum penyemangat saya (putra bungsu Pungkasiadi yang turut ke TPS namun belum memiliki hak pilih),” ujarnya.

Pagi itu, kelimanya kompak menggunakan setelah baju putih celana hitam. Setelah menyalurkan hak suaranya, Pung beserta keluarga kembali ke kediaman yang berjarak sekitar 500 meter dari TPS. Dalam kesempatan itu pula, Pung mengungkapkan optimismenya dalam memenangi kontestasi pilihan bupati dan wakil bupati Mojokerto 2020.  ”Targetnya (perolehan suara) kalau di sini (TPS 013 Desa Canggu) tetangga ya insya Allah 80 persen (perolehan suara dari total DPT) ya lebih lah,” ungkap Pung. (adi)

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya