alexametrics
Rabu, 16 Jun 2021
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto

Wow, Pemkot Kembali Gelontor Pemandian Sekarsari Rp 9,9 Miliar

09 Desember 2020, 09: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Pekerja melakukan uji coba pengisian air kolam di proyek Pemandian Sekarsari Kota Mojokerto beberapa hari lalu.

Pekerja melakukan uji coba pengisian air kolam di proyek Pemandian Sekarsari Kota Mojokerto beberapa hari lalu. (Sofan Kurniawan/Radar Mojokerto)

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto – Proyek revitalisasi Pemandian Sekarsari dipastikan selesai tahun ini. Namun, kolam renang legendaris di Kota Mojokerto ini belum bisa dibuka untuk wisatawan.

Pasalnya, sarana pendukung akan dirampungkan dengan mengucurkan anggaran Rp 9,9 miliar di tahun depan. Kabid Penataan Ruang Banguinan dan Permukiman Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Mojokerto Yustian Suhandinata menjelaskan, sesuai kontrak, proyek revitalisasi Pemandian Sekarsari selesai Selasa, (8/12).

’’Kolam sudah bisa diisi air, cuma harus kita filter karena belum bisa jernih,’’ ujarnya. Namun, uji coba tersebut sebatas diisi air tangki dari mata air pegunungan. Yustian mengatakan, ke depan, kolam renang di Pemandian Sekarsari akan disuplai dari sumber air di sekitar lokasi wisata.

Baca juga: RSUD Rujukan Covid-19 Penuh, Tidak Bisa Terima Pasien Lagi

Setidaknya terdapat tiga sumber mata air yang bisa dijadikan sebagai penyuplai air kolam renang. Masing-masing adalah air dari sumur artesis yang berada di area Pemandian Sekarsari. ’’Cuma debitnya tidak kontinu. Jadi kadang ada kadang tidak,’’ bebernya.

Selain itu, juga ada terdapat sumber dari sumur air tanah. Namun, saat dilakukan uji coba sebelumnya, air justru berubah menjadi keruh setelah diberi bahan kimia penjernih air klorin.

Karena itu, opsi untuk pengian air kolam juga bisa dialirkan dari pipa milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). ’’Tapi belum kita putuskan nanti pakai sumber air yang mana untuk kolam renang,’’ bebernya.

Pada tahun ini, sentuhan fisik berupa pembangunan dua jenis kolam renang. Masing-masing adalah kolam dewasa dengan ukuran 12,5 x 25 meter. Kolam yang berada di sisi timur area Pemandian Sekarsari itu memiliki kealaman 1,5 meter.

Sementara itu, pada bagian barat juga terdapat tiga kolam renang yang diperuntukkan bagi anak-anak. Terdiri dari kedalaman 80 sentimeter, 40 sentimeter, dan 20 sentimeter.

Meski kolam sudah bisa difungsikan, tetapi sarana pendukung masih akan dilengkapi di tahun depan. ’’Anggaran untuk bangunan penunjang Pemandian Sekarsari Rp 9,9  miliar tahun depan,’’ terang Yustian.

Alokasi anggaran tersebut di antaranya untuk melengkapi wahana permainan air dan miniatur perahu Majapahit. Selain itu juga untuk pembangunan foodcourt, landscape, serta bangunan pendukung lainnya.

’’Kalau secara rinciannya belum. Sekarang kita sedang hitung ulang lagi mana yang harus kita kerjakan tahun depan,’’ pungkasnya. (ram)

(mj/ram/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya