alexametrics
Senin, 26 Jul 2021
radarmojokerto
Home > Politik
icon featured
Politik
Pilbup Mojokerto 2020

3.649 Surat Suara Pilkada Rusak, Dimusnahkan biar Tak Disalahgunakan

09 Desember 2020, 12: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Petugas KPU Kabupaten memusnahkan surat suara rusak di gudang KPU Kabupaten Mojokerto.

Petugas KPU Kabupaten memusnahkan surat suara rusak di gudang KPU Kabupaten Mojokerto. (Sofan Kurniawan/Radar Mojokerto)

KABUPATEN, Jawa Pos Radar Mojokerto - KPU Kabupaten Mojokerto memusnahkan 3.649 lembar surat suara rusak dari hasil penyortiran sepekan lalu.

Pemusnahan tersebut untuk memastikan surat suara tersebut tidak disalahgunakan dalam proses pemungutan suara hari ini.

Ketua KPU Kabupaten Mojokerto Muslim Buchori mengatakan, ribuan lembar surat dinyatakan tidak layak dengan berbagai macam faktor kerusakan. Mulai dari gambar tidak simetris, terpotong, huruf dan warna buram, printing tembus, hingga percikan tinta yang dapat diasumsikan mengarah pada salah satu pasangan calon (paslon).

Baca juga: Tersulut Obat Nyamuk, Rumah Terbakar, Cucu dan Nenek Alami Luka Bakar

’’Surat suara yang rusak mayoritas didominasi oleh warna yang buram, percikan tinta, hingga potongan kertas tidak simetris,’’ tandasnya. Karena kurang dari kebutuhan, Muslim lantas mengajukan penggantian kerusakan ke percetakan.  

Dengan jumlah sebanyak 4.308 lembar dengan asumsi 3.649 lembar yang rusak ditambah 659 lembar yang kurang atau selisih saat pengiriman. Sehingga total kebutuhan surat suara tetap utuh, yakni sebanyak 846.617 lembar.

’’Semuanya sudah terpenuhi dan yang kekurangan karena rusak dan selisih diganti oleh pihak percetakan,’’ tandasnya. Sesuai prosedur, pemusnahan menggunakan mesin penghancur kertas ramah lingkungan. Sesuai PKPU Nomor 8 Tahun 2020 tentang Pengamanan Surat Suara, pemusnahan dilakukan pada H-1 pemungutan suara.

Dengan diawasi Bawaslu Kabupaten Mojokerto dan disaksikan pemerintah daerah beserta jajaran kepolisian serta TNI. ’’Sesuai aturan, biar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,’’ terangnya.

Sesuai data logistik, KPU telah mendistribusikan 844.617 lembar surat suara yang sudah disebar sejak Senin (7/12). Sementara 2 ribu lembar lainnya masih dicadangkan di gudang logistik untuk ancang-ancang jika dibutuhkan jika ada permintaan pemungutan suara ulang (PSU).

Sesuai jadwal, logistik utama pemungutan ini akan didistribusikan di 2.084 TPS pagi ini setelah sebelumnya transit di tingkat kecamatan (panitia pemilihan kecamatan/PPK) dan desa (panitia pemilihan suara/PPS). (far)

(mj/far/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya