alexametrics
Rabu, 27 Jan 2021
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto

Pembahasan Alot, Dewan Kabupaten Mojokerto Setujui APBD 2021

01 Desember 2020, 09: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Ruang rapat sidang paripurna DPRD Kabupaten Mojokerto yang baru di Jalan R.A Basuni, Desa/Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Ruang rapat sidang paripurna DPRD Kabupaten Mojokerto yang baru di Jalan R.A Basuni, Desa/Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. (Fendy Hermansyah/Radar Mojokerto)

KABUPATEN, Jawa Pos Radar Mojokerto - Pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Tahun Anggaran 2021 sempat berlangsung alot. Meski begitu, seluruh fraksi DPRD Kabupaten akhirnya menyetujui dokumen anggaran tahun depan tersebut.

Itu seperti terjadi dalam rapat paripurna di gedung baru DPRD Kabupaten Mojokerto, kemarin. Sebanyak tujuh fraksi di dewan menyetujui atas rancangan APBD 2021 tersebut. ’’Ketujuh fraksi menyetujui APBD 2021,’’ ujar Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ayni Zuroh.

Tujuh fraksi antara lain, F-PKB, F-PDIP, F-Partai Golkar (F-PG), F-Partai Demokrat (F-PD), Fraksi Persatuan Amanat Pembangunan Indonesia (F-PAPI), F-PKS, dan Fraksi Nasdem-Hanura. Dari tujuh fraksi itu, terdapat tiga fraksi yang turut memberikan catatan. Yakni, F-PG, F-PAPI, dan F-PKS.

Seluruh catatan berupa saran dan masukan fraksi menjadi lampiran pendapat akhir Badan Anggaran (Banggar) dan fraksi-fraksi. Yang mana, turut termasuk dalam lembar persetujuan atas dok APBD 2021.

Pjs Bupati Mojokerto Himawan Estu Bagijo menyampaikan terima kasih terhadap seluruh anggota DPRD Kabupaten Mojokerto atas disetujuinya APBD 2021. Meski, diakuinya, dalam tahapan pembahasan APBD, sempat terjadi dinamika pembahasan yang alot. ’’Kami ucapkan terima kasih meskipun saat pembahasan kemarin sempat ’’berdarah-darah’’,’’ ujarnya ketika memberikan sambutan.

Pria yang juga menjabat Kadisnaker Jatim ini sekaligus mengucapkan selamat kepada DPRD Kabupaten yang telah menempati gedung baru. Pihaknya berharap gedung yang bergaya bak gedung DPR di Senayan membawa semangat baru bagi penghuninya. ’’Kami juga mendoakan agar anggota dewan Mojokerto bisa juga hingga ke Senayan (gedung DPR RI),’’ lontarnya yang disambut tepukan peserta rapat.

Sebelumnya, tahap pembahasan APBD 2021 sempat diwarnai tarik ulur antara Banggar dengan TAPD. Imbasnya, upaya percepatan dok APBD yang diharapkan sebelum akhir bulan November belakangan molor. Dok APBD akhirnya dilakukan persis akhir bulan yakni tanggal 30 November 2021.

Diketahui, postur R-APBD Kabupaten Mojokerto Tahun Anggaran 2021 pendapatan daerah Rp 2,034 triliun lebih dan belanja daerah Rp 2,164 triliun lebih. Dalam dok APBD 2021 disetujui pula raperda perubahan ketiga atas Perda Nomor 9 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha. Kedua raperda tersebut bakal dikirim ke Gubernur Jatim untuk mendapatkan evaluasi. (fen)

(mj/fen/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya