alexametrics
Kamis, 03 Dec 2020
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto

Pemkot Gelar FGD Pemulihan Ekonomi

13 November 2020, 14: 00: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Jawa Pos Radar Mojokerto

EKONOMI: Wali Kota Ika Puspitasari membuka menggelar Focus Group Discussion ( FGD) di ruang pertemuan Bappeko Kamis (12/11). (humas/pemerintahkotamojokerto)

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto – Di tengah keterpurukan ekonomi akibat Covid-19, Pemerintah Kota Mojokerto terus berupaya memulihkan ekonomi warganya. Salah satu upaya yang tengah dipersiapkan adalah memberdayakan warga untuk mandiri dalam memenuhi kebutuhan ekonomi. 

Terkait hal tersebut, pemkot melalui Bagian Perekonomian Setdakot Mojokerto menggelar Focus Group Discussion ( FGD) yang dibuka Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari di ruang pertemuan Bappeko, Kamis (12/11).

Dalam pengarahannya, Ning Ita menjelaskan tentang salah satu strategi pemulihan ekonomi dampak Covid-19 yang dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat. Yaitu, dengan memberikan pelatihan dan pendampingan inkubasi bisnis. ’’Tujuannya adalah untuk menciptakan dan mengembangkan usaha baru yang mempunyai nilai ekonomi dan berdaya saing tinggi,’’ jelas Ning Ita. 

Ning Ita berharap melalui inkubasi bisnis ini mampu menggenjot potensi UMKM lebih maksimal. ’’Hasilnya akan mendorong  perekonomian menjadi stabil, kontribusi yang tinggi terhadap PDRB, potensi ekspor tinggi dan terpenting adalah penyerapan tenaga kerja serta mampu mengentaskan warga terdampak Covid-19 dan warga prasejahtera agar menjadi mandiri secara ekonomi,’’ lanjutnya.

Sebagaimana dijelaskan oleh Plt Kabag Perekonomian Ani Wijaya, sebelum FGD ini dilakukan, telah diawali dengan survei peminatan usaha warga. Di antara adalah dalam bidang pertanian, peternakan, dan pengolahan makanan, serta perindustrian.  Dari survei tersebut terjaring 8.500 KK yang siap untuk dilakukan pendampingan wirausaha.

Hadir dalam kegiatan antara lain ini Sekdakot Harlistyati, Kepala Bappeko Agung Moeljono, Camat dan Lurah. Bertindak selaku narasumber adalah Ignatia Martha Hendrati dari UPN Veteran Jawa Timur. (al/adv)

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP