alexametrics
Selasa, 20 Oct 2020
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto
Peringatan World Mental Health Day

Pentingnya Jaga Kesehatan Mental, Beri Layanan Konsultasi Gratis

16 Oktober 2020, 10: 05: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Jawa Pos Radar Mojokerto

SINERGI: RSU Dr Wahidin Sudiro Husodo dan Dinas Kesehatan memberikan pelayanan konsultasi ke seluruh pasien jiwa yang berobat di semua puskesmas di kota Mojokerto rutin sebulan sekali. (Basuni/radarmojokerto.id)

RSUD Dr Wahidin Sudiro Husodo turut memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia atau World Mental Health Day, Sabtu (10/10). Peringatan dilakukan dengan membuka pelayanan konsultasi jiwa di kelurahan Balongsari.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Mojokerto tersebut dihadiri kader kesehatan dan pasien jiwa yang rutin berobat ke semua puskesmas di Kota Mojokerto rutin tiap bulan.

Bertema ’’Mental Health for All, Greater Investment- Greater Access, Everyone everywhere, dengan subtema sehat jiwa di masa adaptasi kebiasaan baru pandemi Covid 19, kegiatan ini berlangsung sukses. 

jawaposradarmojokerto

KONSULTASI: Bertepatan 10 Oktober, tenaga medis RSU Dr Wahidin Sudiro Husodo memberikan pelayanan jiwa di kelurahan Balongsari, akhir pekan lalu dan dihadiri kader kesehatan serta pasien jiwa yang (bas/radarmojokerto.id)

dr. Ira Rositawati, Sp.KJ dari poli kesehatan jiwa RSUD Dr Wahidin Sudiro Husodo menegaskan, di era pandemi, kasus gangguan kecemasan dan depresi semakin meningkat. Diharapkan, kesadaran pentingnya menjaga kesehatan mental juga kian dipahami masyarakat.

Kesehatan mental, katanya, adalah investasi dan butuh untuk diprioritaskan untuk menghindari dampak bencana lebih lanjut. ’’Dengan kesehatan mental yang baik, produktivitas masyarakat tetap bisa dipertahankan dengan optimal. Terbangun hubungan interpersonal yang sehat sehingga sangat menunjang tercapainya kualitas hidup yang baik,’’ katanya.

Mendukung tema tersebut, selama pandemi Covid 19, poli kesehatan jiwa tetap memberikan layanan kesehatan jiwa secara berkesinambungan. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, layanan poli terus diberikan. Yang mana, telah banyak menangani kasus gangguan mental mulai dari gangguan psikosomatik, cemas, depresi, gangguan psikosis, gangguan afektif bipolar, skizofrenia.

Serta penanganan gangguan jiwa pada anak mulai dari gangguan autis, ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder adalah gangguan mental yang menyebabkan seorang anak sulit memusatkan perhatian), gangguan cemas dan depresi pada anak, hingga gangguan psikosis pada anak dan remaja. ’’Selama pandemi covid 19 ini kita tetap memberikan layanan secara berkesinambungan,’’ tambahnya.

Dalam rangka membantu mengurangi tingkat kecemasan pada pasien yang dirawat di ruang isolasi covid, poli kesehatan jiwa juga memberikan layanan konsultasi atau pendampingan.

Baru-baru ini juga telah diluncurkan program pemberian pendampingan musik relaksasi dilengkapi pemberian sugesti positif untuk mengurangi tingkat kecemasan pada pasien dalam perawatan di ruang isolasi.

Layanan konsultasi juga dibuka bagi seluruh tenaga medis yang memiliki keluhan cemas terkait dalam tugas penanganan covid. ’’Sebelumnya konsultasi psikiatri untuk pasien rawat inap telah dilakukan terutama pada pasien pasien dengan penyakit fisik  yang juga  mengalami gangguan cemas atau psikosomatik serta depresi,’’ tandasnya. (bas)

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya