alexametrics
Jumat, 23 Oct 2020
radarmojokerto
Home > Lifestyle
icon featured
Lifestyle
Pesona Puthuk Siwur, Claket, Pacet

Tracking Favorit Kaum Milenial

16 Oktober 2020, 11: 00: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Jawa Pos Radar Mojokerto

Tracking yang tak begitu sulit, membuat lokasi Puthuk Siwur, Pacet selalu ramai saat akhir pekan. (nto/radarmojokerto.id)

PUNCAK Puthuk Siwur menjadi salah satu rute tracking favorit para pendaki. Selain trek yang landai dan sangat bersahabat, lokasi ini menjadi favorit karena berada dalam satu jalur tracking menuju puncak Gunung Pundak. Tak heran, jalur tracking ini selalu ramai dipenuhi pendaki, terutama kaum milenial.

Untuk menuju puncak Puthuk Siwur yang berada di 1.429 mdpl itu, pendaki cukup melintas pos pintu masuk yang dilalui pendaki Gunung Pundak. Yaitu, dekat loket masuk pemandian air panas di Desa Claket. Di sini, para pendaki wajib melakukan registrasi dahulu sebelum melakukan pendakian. Di pos ini tersedia pula para pendaki memarkir kendaraannya.

Selepas pos masuk, para pendaki bakal disambut trek awal yang cukup bersahabat. Di sepanjang trek ini, banyak ditumbuhi pohon pinus yang rindang, serta pemandangan deretan rumput gajah yang menyegarkan. Ditambah suasana sejuk khas pegunungan, membuat perjalanan tak terasa melelahkan.

jawaposradarmojokerto

POTENSI: Amat Susilo di puncak Puthuk Siwur (nto/radarmojokerto.id)

Selepas rute ini, sajian keindahan lain yang bisa dinikmati para pendaki adalah banyaknya spot foto menarik. Seperti spot foto dengan latar belakang trek berbatu,  serta padang sabana yang lumayan luas.

Tempat ini biasanya dipakai sebagai camping ground. Banyak para pendaki serta para pencinta alam yang mendirikan tenda untuk beristirahat serta menikmati indahnya suasana khas pegunungan.

Rute selanjutnya adalah trek dengan deretan pohon pinus berukuran besar dan rimbun khas pegunungan dengan karakter hutan basah tropis. Pemandangan ini terasa hingga mendekati puncak Puthuk Siwur.

Pendaki bakal ditemui kembali padang sabana dengan rerumputan hijau menyegarkan serta deretan pohon cemara gunung. Padang sabana ini berukuran lebih luas dibanding padang sabana sebelumnya. Bahkan, mampu menampung sampai 10 tenda pendaki. 

Sesampai di puncak Puthuk Siwur, kelelahan para pendaki seakan terbayar lunas dengan sajian pemandangan indah di sekitarnya. Dari puncak terlihat desa-desa  kawasan Pacet yang hijau dan mempesona. Apalagi, saat malam tiba dengan cuaca cerah. Deretan bintang mengikis semua lelah sepanjang perjalanan. (nto)

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP