alexametrics
Jumat, 23 Oct 2020
radarmojokerto
Home > Sambel Wader
icon featured
Sambel Wader

Sugiyanto, Dewan yang Kenyang Pengalaman

14 September 2020, 22: 30: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Anggota DPRD Kota Mojokerto Sugiyanto saat mengikuti rapat paripirna.

Anggota DPRD Kota Mojokerto Sugiyanto saat mengikuti rapat paripirna. (Rizal Amrulloh/Radar Mojokerto)

Sepak terjang Sugiyanto di kancah perpolitikan terbilang masih anyaran. Namun, berbekal segudang pengalaman, anggota DPRD Kota Mojokerto dari Fraksi Gerakan Keadilan Pembangunan (F-GKP) ini tak membutuhkan waktu lama untuk menyesuaikan diri.

BAGI pria kelahiran Lampung 18 Agustus 1963 ini, setiap pekerjaan dijalani dengan penuh tanggung jawab. Bagitupun saat menduduki kursi legislatif. Politisi Partai Gerindra ini berkomitmen untuk mewakili aspirasi rakyat.

Sebab, sebelumnya menjadi politkus bukanlah pilihan utama Sugiyanto dalam memilih karier. Dia mengaku baru berniat terjun ke dunia politik praktis pasca pensiun dari pekerjaannya di PT Tjiwi Kimia. Lebih dari separo hidupnya diabdikan pada perusahaan di bawah payung Sinarmas Group itu.

Sugiyanto menggeluti pekerjaan di perusahaan yang memproduksi kertas ini selama 36 tahun lebih. ”Awal kerja saya ditempatkan di bagian laboratorium produksi kertas sebagai operator,” terangnya. Pekerjaan itu dilakoni selama kurang lebih 7 tahun.

Ayah dua anak ini kemudian dipromosikan sebagai kepala regu selama 2 tahun. Kariernya perlahan terus menanjak setelah ditunjuk menjadi supervisor quality control divisi produksi pembuatan buku tulis selama 2 tahun.

Sugiyanto juga dipercaya menduduki kepala seksi quality control divisi produksi carton box selama 8 tahun. Tak berhenti di situ, dia kembali diberi tanggung jawab yang lebih luas setelah diangkat sebagai manager quality control divisi percetakan, buku tulis, carton box dan loading.

Pada akhirnya, Sugiyanto mendapat posisi yang lebih strategis ketika diangkat menjadi manajer humas sekaligus merangkap manajer sekuriti lebih dari 15 tahun. ”Yang paling berkesan adalah ketika ditunjuk sebagai manajer humas,” bebernya.

Sebagai manajer humas dia lebih sering berinteraksi dengan para kolega perusahaan. Mulai dari birokrasi pemerintahan, DPRD, aparat penegak hukum (APH), masyarakat, lembaga swadaya masyarakat (LSM), serta media massa.

”Berbekal pengalaman ini lah saya tidak merasa ada kesulitan ketika beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru di DPRD,” katanya. Pengalaman berorganisasi juga terasah sejak terpilih sebagai pengurus Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI).

Dia pernah terpilih dua periode menjadi sekretaris, dan satu periode sebagai ketua. Setelah nonaktif di SPSI, dia masuk dalam koperasi karyawan sejak tahun 2000 sampai pensiun sebagai wakil ketua I.

Sugiyanto merupakan tipe orang yang senang belajar apa pun. Setidaknya sudah lebih dari 40 macam topik pelatihan diikuti selama bekerja. Baik hard skill, soft skill, ataupun managerial skill.

Dia juga dikenal sosok yang bertanggung jawab dengan keluarga dan gayeng pada setiap orang. Waktu luang di sela-sela aktivitas dewan, dimanfaatkan lebih banyak bersama keluarga. Serta menjalin komunikasi dengan relasi, dan teman-teman lama.

”Baik untuk sekadar sharing atau saling membantu barangkali ada yang perlu bantuan menyelesaiakan pekerjaan,” tandasnya. 

(mj/ram/ris/JPR)

 TOP