alexametrics
Jumat, 23 Oct 2020
radarmojokerto
Home > Journey
icon featured
Journey

Pesona Gunung Pundak Claket, Jalur Bersahabat bagi Pemula

04 September 2020, 13: 30: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Kabid Pariwisata Disparpora Kabupaten Mojokerto Sya’dillah (depan, dua dari kanan) bersama rombongan dan Gus Yuk Kabupaten Mojokerto mencoba trek pendakian Gunung Pundak.

Kabid Pariwisata Disparpora Kabupaten Mojokerto Sya’dillah (depan, dua dari kanan) bersama rombongan dan Gus Yuk Kabupaten Mojokerto mencoba trek pendakian Gunung Pundak. (Rinto/Radar Mojokerto)

Gunung mungil yang terletak di Desa Claket, Kecamatan Pacet, ini menjadi gunung favorit bagi para pendaki. Memiliki ketinggian 1.585 mdpl, gunung ini memiliki jalur ke puncak yang cukup bersahabat.

Sangat ideal bagi mereka yang ingin mencoba pendakian atau yang ingin sekadar merasakan sensasi trekking. Untuk mencapai puncak Gunung Pundak, setidaknya ada 2 pilihan jalur pendakian yang bisa dilauli. Yakni jalur via Puthuk Siwur dan Tahura R. Soerjo.

Namun kebanyakan pendaki memilih jalur via Puthuk Siwur yang landai dan view indah. Estimasi waktu perjalanan juga tak terlalu lama, hanya sekitar 2 jam saja, dengan melewati 3 pos pendakian.

Di Desa Claket yang merupakan basecamp awal sebelum pendakian jalur via Puthuk Siwur, terdapat fasilitas bagi para pendaki yang terbilang cukup lengkap. Seperti musala, penitipan motor dan mobil, warung makan milik warga serta kamar mandi.

Para pendaki kerap memanfaatkan untuk beristirahat menyegarkan diri sebelum maupun sesudah pendakian. Selepas basecamp, sepanjang jalan menuju pos 1 terasa cukup rindang dengan deretan pohon pinus. Trek di jalur ini juga masih landai.

’’Sangat sejuk. Banyak pohon besar di kiri kanan jalan,” kata Kabid Pariwisata Disparpora Kabupaten Mojokerto Sya’dillah usai menjajal trek ke puncak Gunung Pundak via jalur Puthuk Siwur.

Bersama rombongan Disparpora dan Gus Yuk Kabupaten Mojokerto, ia mengaku hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai pos 1. Di sini, pendaki bakal disuguhi indahnya pemandangan serta deretan spot foto yang menarik. Dari pos 1, untuk  menuju pos 2 yang kerap disebut Gua Bebek, dibutuhkan waktu yang hampir sama.

Hanya 30 menit. ’’Jalurnya agak menanjak, tapi tidak terlalu berat,” sambung Mega Suciati, Kasi Daya Tarik Wisata (DTW) Disparpora Kabupaten Mojokerto yang ikut mendaki.

Baru selepas pos 2 menuju pos 3 atau Puthuk Siwur, jalur terasa menantang. Banyaknya tanjakan terjal serta batu besar, membuat perjalanan sedikit melelahkan. Lama perjalanan bisa mencapai waktu hingga sekitar 1 jam.

Namun di area yang cukup luas ini, para pendaki bisa mendirikan tenda untuk beristirahat sembari memulihkan tenaga menuju puncak.   

Dataran landai bisa dirasakan kembali saat mendekati puncak Gunung Pundak. Kelelahan selama perjalanan seakan terbayar lunas dengan indahnya pemandangan hamparan Gunung Welirang serta Gunung Penanggungan.

Pun demikian dengan semilir angin yang terasa sangat sejuk. ’’Ini pendakian yang cukup melelahkan. Namun pastinya sangat berkesan,” pungkas Sya’dillah. (nto/ron)

 

(mj/ron/ris/JPR)

 TOP