alexametrics
Rabu, 30 Sep 2020
radarmojokerto
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Nyabu di Villa, Divonis 4 Tahun Penjara

13 Agustus 2020, 11: 00: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Jawa Pos Radar Mojokerto

Menjamurnya villa di kawasan Pacet, dimanfaatkan dua pemuda, Dwi Marsudi dan Novi Setyawahyu asal Gresik untuk bertransaksi sabu. (khudorialiandu/radarmojokerto.id)

SOOKO, Jawa Pos Radar Mojokerto Dua pemuda yang tepergok nyabu di dalam Vila Wahyu, Pacet, akhir Februari lalu harus tertunduk lemas saat hakim Pengadilan Negeri (PN) Mojokerto menjatuhkan hukuman penjara selama 4 tahun. Dua pemuda itu adalah Dwi Marsudi, 24, dan Novi Setyawahyu, 18, warga Dusun Pendem, Desa Banyuurip, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik.

Keduanya ditangkap polisi saat melakukan transaksi jual beli sabu lalu menikmatinya di kamar vila. Ketua majelis hakim PN Mojokerto Erhamuddin, SH, menjatuhkan vonis terhadap Dwi dan Novi itu dengan hukuman 4 tahun penjara dan denda senilai Rp 800 juta subsider kurungan penjara 3 bulan. Hukuman berat itu harus dialami keduanya karena terbukti melanggar pasal 114  ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Vonis ini lebih ringan dibanding tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Surya Hermawan, SH. Pekan lalu, Surya menuntut kurungan penjara seama 6 tahun dan denda Rp 800 juta subsider kurungan penjara selama 6 bulan. ’’Kami mampu membuktikan selama proses persidangan berlangsung. Mereka telah transaksi dan menikmati,’’ katanya usai persidangan. Dengan vonis yang dijatuhkan hakim itu, Surya mengaku masih belum menentukan sikap. Apakah harus mengajukan banding atau pertimbangan lain.

’’Belum. Kita masih pikir-pikir atas putusan ini,’’ tandas dia. Perlu diketahui, akhir Februari lalu, Polres Mojokerto menangkap dua pemuda di dalam kamar vila. Saat penangkapan petugas sempat kesulitan mencari sisa sabu yang habis dipakai. Keduanya dengan cepat menyembunyikan barang haram itu. Interogasi pun dilakukan. Tak membutuhkan waktu lama, kedua pemuda ini akhirnya mengakui dan memperlihatkan barang yang disembunyikan di bawah tempat tidur itu.

(mj/ris/ron/JPR)

 TOP