alexametrics
Rabu, 30 Sep 2020
radarmojokerto
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Korban Selamat Ledakan Bioethanol Terlindungi Dinding

12 Agustus 2020, 09: 35: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Jawa Pos Radar Mojokerto

DIDALAMI: Kasatreskrim Polresta Mojokerto AKP Sodik Efendi menunjukkan awal ledakan pada hidran yang dilas pekerja di PT Enero, Desa Gempolkrep, Selasa (11/8). (khudorialiandu/radarmojokerto.id)

KASATRESKRIM Polresta Mojokerto AKP Sodik Efendi menambahkan, dari hasil pemeriksaan saksi-saksi, diketahui percikan api selama pengelasan memang menembus pipa hidran. Sehingga mengakibatkan ledakan. ’’Dari keterangan pekerja las ini, api las itu tembus hidran hingga memicu ledakan,’’ ujarnya.

Dengan demikian ledakan yang diakibatkan dari hidran menimbulkan pantulan keras ke tangki penampungan bioetanol. Benturan keras yang terjadi diduga kuat menjadi pemicu meledaknya tangki dengan kapasitas 15 ribu liter tersebut. ’’Ledakan yang terjadi pada tangki itu seperti jet. Kulit tangki terkuliti meluncur ke atas,’’ paparnya.

Sehingga dari serangkaian peristiwa itu terjadi pembentukan api yang dikenal dengan segitiga api. ’’Sifat terjadinya api kan memang ada tiga, bahan bakar, sumber panas dan oksigen,’’ urainya.

Sodik menambahkan, pekerja las dari CV Agung Jaya Kontruksi selaku sub kontraktor PT Barata Indonesia ini dinyatakan selamat dalam insiden nahas tersebut. Selain karena ledakan yang terjadi mengarah ke atas, posisinya juga terlindung oleh dinding. ’’Jadi pekerja yang jauh malah kena. Dia (pekerja las) selamat karena terlindung dinding. Setelah itu lari menyelamatkan diri,’’ ujarnya. Pekerja yang kini dalam pemeriksaan petugas menjadi saksi kunci atas peristiwa tersebut. ’’Besok (hari ini, Red) akan kita rekonstruksikan di lokasi,’’ tandasnya. 

(mj/ori/ron/JPR)

 TOP