alexametrics
Rabu, 30 Sep 2020
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto

SMAN 1 Dawarblandong Tegakkan Kedisiplinan Kinerja GTK dan PBM Siswa

04 Agustus 2020, 06: 30: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Apel pagi dengan tetap memperhatikan physical distancing.

Apel pagi dengan tetap memperhatikan physical distancing. (SMAN 1 Dawarblandong for Radar Mojokerto)

KABUPATEN, Jawa Pos Radar Mojokerto - SMAN 1 Dawarblandong adalah di antara SMA Negeri yang ada di Kabupaten Mojokerto. Lembaga pendidikan ini berada di ujung utara Sungai Brantas, berbatasan dengan Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan.

Meski secara geografis SMAN 1 Dawarblandong adalah sekolah pinggiran dan termasuk sekolah baru jika dibandingkan SMA Negeri lain, namun sekolah ini memiliki komitmen besar dalam menegakkan kedisiplinan kinerja guru dan tenaga kependidikan (GTK) serta PBM siswa.

Kepala SMAN 1 Dawarblandong Herni Sudar Peristiwanti, SPd,M.Pd, mengatakan, kinerja guru di masa pandemi Covid-19 tetap dilaksanakan dengan baik dan disiplin.Diantaranya, GTK melaksanakan tugas setiap hari.

Cek suhu badan sebelum memasuki area sekolah.

Cek suhu badan sebelum memasuki area sekolah. (SMAN 1 Dawarblandong for Radar Mojokerto)

Dari Senin hingga Jumat, pukul 07.00 - 12.00 WIB. Kecuali, hari Jumat, sampai pukul 11.00 WIB. Diawali dengan apel pagi pukul 07.30, WIB dengan tetap memperhatikan standar protokoler kesehatan Covid-19. GTK wajib memakai masker dan menerapkan physical distancing.

Sekolah juga menyediakan hand sanitizer untuk cuci tangan dan thermal gun untuk mengecek suhu tubuh GTK. ”Kita juga melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala ke seluruh ruangan yang ada di sekolah,’’ katanya. Sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM), wajib bagi guru untuk mempersiapkan perangkat mengajar.

Komponen dari perangkat mengajar itu adalah program tahunan, program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan rencana penilaian. ”Karena pandemi Covid-19, maka guru diminta untuk upload RPP  per  pertemuan, ” tambahnya.

Selama masa pandemi, guru juga melaksanakan pembelajaran secara daring (online). Jadwal pelajaran selama masa pandemi dikurangi dari 45 menit per jam pelajaran, lalu disesuaikan menjadi 30 menit per jam pelajaran.

Guru, kata dia, memberikan materi pelajaran maupun penugasan dan evaluasi dari pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB. Setelah melaksanakan pembelajaran daring, guru wajib melaporkan kegiatannya dalam jurnal mengajar online.

Meskipun pembelajaran berakhir pukul 12.00, namun para pendidik masih memberi waktu bagi siswa mengirimkan tagihan-tagihan pembelajaran dalam kelas online hingga pukul 16.00. Kemudian dilaporkan hasilnya dalam jurnal mengajar online.

”Ketidakhadiran siswa dalam kegiatan PBM daring direkap setiap bulan oleh tim tatib sekolah dan ditindaklanjuti wali kelas dengan pemberitahuan kepada wali siswanya. Baik by phone maupun home visite,’’ ujar Herni.

Dia menuturkan, kinerja tenaga kependidikan (staf tata usaha) di masa pandemi dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dalam hal administrasi sekolah. Tenaga kependidikan berkewajiban mengisi buku target kerja harian, dan dilaporkan kepada kepala sekolah.

Di samping itu, terang Herni, siswa tetap mendapatkan pembelajaran secara daring sesuai dengan jadwal pelajaran tahun pelajaran 2020/2021 dengan alokasi waktu 30 menit per jam pelajaran.

Sehingga sekolah tetap berusaha menciptakan image, walau dalam masa pandemi, tetapi sekolah tidak libur. Proses pembelajaran tetap berlangsung sesuai dengan jadwalnya. Untuk mendukung itu, selama ini wali siswa diimbau untuk meminta jadwal pelajaran ke wali kelas.

’’Berkenaan dengan hal tersebut, sosialisasi kepada wali siswa telah dilaksanakan pada tanggal 13 - 15 Juli 2020. Harapan kita, agar orang tua atau wali siswa bisa mendampingi dan mengontrol putra dan putrinya dalam pembelajaran daring tersebut, ’’ tandasnya. 

Siswa Siap Kuliah dan Bekerja 

SEMENTARA itu, karena prestasinya, SMAN 1 Dawarblandong menjadi salah satu lembaga pendidikan yang diperhitungkan di Kabupaten Mojokerto. Baik prestasi akademik maupun nonakademik. Prestasi nonakademik itu di antaranya ada bidang seni tari, tarik suara, serta bidang olahraga.

Meliputi, bola voli dan taekwondo. Kesemua prestasi itu sudah terbukti dengan berhasil menjuarai berbagai event antar-SMA. Baik di tingkat kabupaten maupun tingkat Provinsi Jatim. Demikian juga dengan prestasi akademik. Meski terbilang baru, namun beberapa prestasi sudah diraih SMAN 1 Dawarblandong.

Berhasil menjadi Juara 1 dan Juara 2 Lomba Karya Tulis tingkat SMA/MA/SMK se-Kabupaten Mojokerto, dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia yang dihelat Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Mojokerto. Dan raihan prestasi terbaru adalah berhasil mencapai peringkat 6, 8, dan 11 LKTI Nasional.

”Dari keberhasilan-keberhasilan tersebut, SMAN 1 Dawarblandong membuka kegiatan ekstra kurikuler (ekskul) baru.Yaitu, OSN dan KTI. Di mana salah satu pembinanya adalah kakak kelas yang berhasil meraih kejuaraan di bidang tersebut,’’ ungkap Kepala SMAN 1 Dawarblandong Herni Sudar Peritiwanti, SPd,MPd.

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari sosok pekerja keras kasek dan jajaran dewan guru atas kedisiplinan yang diterapkan.Sehingga membawa banyak perubahan.Baik di bidang prestasi, sarana dan prasarana.Serta terciptanya hubungan dan kerjasama yang baik antara komite sekolah dan wali siswa, yang senantiasa mendukung setiap program demi kemajuan SMAN 1 Dawarblandong.

’’Diantaranya adalah  program pengadaan laboratoriumkomputer, ruang inventaris, serta rehab beberapa ruang kelas.Di samping juga mendapatkan bantuan DAK dari pemerintah,’’ tegasnya. Saat ini SMAN 1 Dawarblandong berhasil menjadi sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Mojokerto.

Dan, rencananya, tahun 2021 maju ke Adiwiyata tingkat Provinsi Jatim. SMAN 1 Dawarblandong mendapat kepercayaan dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Jatim menjadi Sekolah Double Track (SDT). SDT merupakan program unggulan dari Dispendik Provinsi Jatim yang bekerja sama dengan Institut Sepuluh Nopember Surabaya (ITS).

Terbukti, program SDT di SMAN 1 Dawarblandong mewakili Provinsi Jatim dalam Lomba Inovasi Pelayanan Publik tingkat Nasional. Program ini dikhususkan memberi keterampilan tambahan bagi siswa yang berencana tidak melanjutkan kuliah.

Sehingga setelah lulus, siswa peserta program ini siap bekerja dengan bekal keterampilan yang diperoleh selama pendidikan. Di antaranya pelatihan multimedia berupa desain grafis, rias pengantin berhijab, tata rias panggung dan pesta, boga pastry, boga masakan nusantara, dan tata busana.

Inti dari program ini adalah untuk mencetak wirausahawan mandiri. Meski ada kendala yang dihadapi terkait pandemi Covid-19,  SMAN 1 Dawarblandong tetap bertekad memberikan pelayanan terbaik kepada siswa-siswi agar belajar di rumah melalui  pembelajaran online, mereka tetap mendapatkan ilmu.

”Karena kepercayaan masyarakat yang terus meningkat kepada SMAN 1 Dawarblandong. Terbukti dengan membludaknya pendaftar PPDB online tahun 2020, maka kasek, guru dan karyawan bertekad memberikan pelayanan terbaik kepada para siswa. Dengan harapan SMAN 1 Dawarblandong akan terus mencetak prestasi-prestasi di segala bidang,’’ terang Herni. (bas)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP