alexametrics
Jumat, 07 Aug 2020
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto

Berdayakan Warga Sekitar, Karta Mojokerto Bagikan Daging Kurban

31 Juli 2020, 21: 12: 55 WIB | editor : Mochamad Chariris

Komunitas gabungan di Mojokerto saat dalam sebuah pertemuan.

Komunitas gabungan di Mojokerto saat dalam sebuah pertemuan. (Karta Mojokerto for Radar Mojokerto)

Belasan karang taruna (karta) yang tergabung dalam Heppiii Community Mojokerto secara serentak akan membagikan daging kurban di belasan titik di kota itu. Kambing kurban dibeli dari peternak yang merupakan anggota dari komunitas sendiri.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program bertajuk Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi yang melibatkan 379 komunitas di 42 kota. Ada lebih dari 15 ribu anggota yang tergabung dalam komunitas besar ini. Komunitas itu di antaranya Bold Riders dan Heppiii Community yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang baru pertama kali terjadi ini.

Koordinator Heppiii Community Mojokerto Reyhan Rosadi mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk pemberdayaan komunitas sekaligus upaya meningkatkan solidaritas dengan masyarakat sekitar tempat karta berada. “Ini merupakan inisiatif teman-teman Karta untuk bisa berbagi dan meringankan beban masyarakat sekitar,” katanya, Rabu (29/7).

Sejumlah kambing sudah disiapkan oleh karta masing-masing. Pembelian kambing dilakukan setelah donasi dari para anggota Karta terkumpul. Tingginya kesadaran anggota menjadikan pengumpulan donasi untuk pembelian hewan kurban menjadi lebih cepat terwujud. 

Sejumlah karta yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Karang Taruna Desa Pulorejo, Karang Taruna Desa Ngembeh, Karang Taruna Desa Sumberkarang, Karang Taruna Desa Suru, Karang Taruna Desa Petak, kemudian komunitas di Ponpes Bidayatul Hidayah Al- Qurtuby, Ponpes Mambaul Hikmah, Ponpes Roudhotul Pholidin, Budaya PPWM Noroyono, Ponpes Darul Hikmah. 

Selain dari karta yang tergabung dalam Heppiii Community, kegiatan tebar daging kurban ini juga melibatkan anak motor dari komunitas Bold Riders Mojokerto seperti dari CCI (CBR Club Indonesia) Chapter Mojokerto, GENESIS (Generation Independent Rider's), SFMC (Street fire Majapahit Community), YNCI (Yamaha N-Max Club Indonesia). Komunitas SuperMusic Mojokerto seperti dari MBC (Mojokerto Black Conspiracy), MMS (Mojosari metal squad) juga terlibat. 

“Mereka juga akan membagikan hewan kurban di setiap titik yang sudah ditentukan oleh masing-masing komunitas,” terangnya. 

Anak motor ini akan menggelar mini touring dengan membagikan daging kurban kepada mereka yang membutuhkan. Saat pembagian para penakluk jalanan ini akan menerapkan protokol pencegahan COVID-19 yakni dengan memakai masker dan menjaga jarak sosial.

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia