alexametrics
Jumat, 07 Aug 2020
radarmojokerto
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Pengemudi Mengantuk, Rombongan Pemudik Celaka di Trowulan

31 Juli 2020, 10: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Mobil Kijang yang dikemudikan Lamito, warga Taman Pondok Jati Geluran, Kec. Taman, Sidoarjo, nyungsep setelah menghantam Mobilio dan PCX di Jalan Raya Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Mobil Kijang yang dikemudikan Lamito, warga Taman Pondok Jati Geluran, Kec. Taman, Sidoarjo, nyungsep setelah menghantam Mobilio dan PCX di Jalan Raya Trowulan, Kabupaten Mojokerto. (Sofan Kurniawan/Radar Mojokerto)

TROWULAN, Jawa Pos Radar Mojokerto – Nahas dialami Lamito, 42, warga Taman Pondok Jati Geluran, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Kamis (30/7).

Di tengah perjalanan mudik ke rumah ibunya, dia malah terlibat kecelakaan di Jalan Raya Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Kamis (30/7).

Mobil Kijang nopol W 1864 NI yang dikemudikannya menyasar dua kendaraan sekaligus. Yakni, Honda Mobilio dan sepeda motor Honda PCX. Itu setelah mobilnya mendadak oleng ke kanan hingga naik ke trotoar dan berpindah ke jalur lawan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Sembilan penumpang, dua di antaranya anak-anak hanya mengalami luka-luka. Kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 12.30. Mulanya, Kijang mendadak oleng hingga berpindah ke jalur lawan.

Dalam waktu bersamaan, dari arah berlawanan ada Honda Mobilio nopol AG 1032 ER yang dikemudikan Sandy Nugroho, 35, warga Purwoasri, Kabupaten Kediri. Dekatnya jarak membuat kecelakaan tak bisa dihindari.

’’Mobil yang saya tumpangi berisikan enam orang bersama saya. Empat dewasa dua anak-anak usia 5 dan 6 tahun langsung ditabrak,’’ ungkap Sandy, sopir Mobilio, di lokasi.

Sandy mengaku, insiden tersebut terjadi cukup cepat. Saat itu dirinya sedang melaju dari arah Surabaya menuju Kediri, mendadak dikagetkan dengan mobil Kijang yang mendadak melaju dengan cepat di depanya. Tabrakan pun terjadi.

Kerasnya benturan membuat mobilnya terguling hingga beberapa kali. ’’Posisi saya korban di sini, mobil saya tadi terguling beberapa kali. Tapi alhamdulillah semua selamat hanya mengalami luka-luka saja. Dan sudah dilarikan ke rumah sakit,’’ terangnya.

Tak hanya itu, mobil kijang juga menyasar Motor Honda PCX bernopol S 2330 OAN yang berjalan searah dengannya. Motor ini dikendarai Riyan Budi Utomo, 26, warga Mojagung, Kabupaten Jombang.

Kencangnya laju, Kijang warna biru ini baru bisa berhenti setelah menabrak teras rumah warga yang digunakan sebagai usaha tambal ban milik Fatkur. ’’Bagian depan juga sampai terperosok. Bodi mobil juga menggantung hingga hampir terbalik,’’ ujarnya.

Sopir Kijang, Laminto, mengaku, kecelakaan ini terjadi begitu cepat. Dirinya yang melaju dari arah Jombang menuju Surabaya untuk mudik ke rumah ibu bersama seorang pembantu, Suparmi, juga dibuat terkejut.

Menyusul, di tengah perjalanan mobil yang dikendarainya mendadak oleng ke kanan hingga berpindah ke jalur lawan. ’’Saya sadar dan saya tidak mengantuk kok. Tiba tiba saja mobil ini mendadak oleng ke kanan ke jalur lawan,’’ katanya.

Sadar mobil oleng ke jalur lawan, membuat Laminto berusaha kendalikan lajunya. Nahasnya upaya itu gagal. ’’Seingat saya tadi ada mobil dan motor yang tertabrak, karena saya sadar kemudian membantingkan setir mobil ke bangunan yang sepi,’’ tegasnya.

Meski mobil miliknya menabrak dua kendaraan dan bangunan rumah, dirinya bersama satu penumpang lain selamat. Laminto dan pembantunya hanya mengalami luka lecet.

Kanit Lantas Polsek Trowulan IPDA Suparno, menduga, kecelakaan melibatkan tiga kendaraan ini karena pengemudi Kijang mengantuk. ’’Dugaannya pengemudi ini mengantuk. Sehingga mobil yang dikendarainya ini oleng hingga naik ke trotoar sampai ke lajur lawan,’’ katanya.

Tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Hanya mengakibatkan beberapa penumpang mengalami luka-luka. Menurutnya, insiden ini hanya terdapat kerugian material. Yakni, berupa kerusakan cukup parah pada bodi mobil dan motor.

’’Semua korban sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan,’’ tegasnya. Untuk proses pemeriksaan lebih lanjut, tiga kendaraan yang terlibat saat ini diamankan ke Polsek Trowulan. ’’Para sopir juga kami dimintai keterangan di polsek,’’ tuturnya.

(mj/ori/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia