alexametrics
Rabu, 30 Sep 2020
radarmojokerto
Home > Lifestyle
icon featured
Lifestyle
Fase Menghadapi New Normal

Ya Olahraga, Ya Herbal

04 Juli 2020, 14: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Masyarakat Mojokerto menerapkan disiplin protokol saat berbelanja di swalayan.

Masyarakat Mojokerto menerapkan disiplin protokol saat berbelanja di swalayan. (Fendy Hermansyah/Radar Mojokerto)

Covid-19 telah banyak merubah perilaku masyarakat di semua sendi kehidupan. Bahkan, ketika pemerintah hendak menggulirkan tatanan kehidupan baru atau era new normal, banyak sekali penyesuaian yang harus dijalani warga.

Tidak hanya sekadar bertahan menjaga diri dari penularan virus berbahaya lewat penggunaan masker, hand sanitizer, hingga face shield.

MENINGKATKAN imun lewat olahraga dan konsumsi multivitamin juga penting untuk memperkuat pertahanan fisik dari serangan virus. Hal ini yang dirasa cukup menjadi perhatian penting disamping menjalani aktivitas normal sehari-hari.

Seperti yang tengah dijalani Indar Setiati, pemilik usaha butik asal Desa Tambakagung, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. Di sela kesibukannya merancang dan memproduksi busana batik, ibu tiga anak itu kini cukup rajin menjalani olahraga senam kebugaran.

Dua sampai tiga kali dalam sepekan ia sempatkan tubuhnya berkeringat sehingga terlihat bugar. ’’Nggak usah terlalu lama juga. Dalam satu kali pertemuan, cuman satu sampai satu setengah jam saja, sudah cukup. Toh, tujuannya untuk sehat, bukan untuk melangsingkan tubuh,’’ terangnya.

Tidak hanya itu, Indar juga mulai menggemari jogging di pagi hari. Panorama sawah dekat rumah pun ia anggap layaknya lintasan lari. Lagi-lagi, kesegaran alam menjadi tujuan utamanya menjaga kebugaran tubuh.

’’Katanya udara atau embun pagi itu masih bersih, belum terkontaminasi polusi apalagi virus,’’ tambahnya. Meski begitu, Indar juga mengimbangi padatnya kegiatan fisik dengan asupan vitamin yang komplet. Lag-lagi, sifat alami buah, sayuran dan minuman herbal ia titik beratkan sebagai untuk memperkuat imun tubuh.

Meski cukup ribet, namun cara itu dinilai cukup ampuh dalam menghindari virus selain hanya menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap. ’’Kalau APD kan sifatnya hanya menghindari, tapi kalau konsumsi herbal kan bisa meningkatkan pertahanan tubuh,’’ pungkasnya.

(mj/far/ris/JPR)

 TOP