alexametrics
Kamis, 09 Jul 2020
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto

Operasional Objek Wisata Tunggu Instruksi Bupati

27 Juni 2020, 12: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Petugas melakukan penyemprotan cairan disinfektan di area Wanawisata Air Panas Padusan, Pacet, kemarin.

Petugas melakukan penyemprotan cairan disinfektan di area Wanawisata Air Panas Padusan, Pacet, kemarin. (Shalihin/Radar Mojokerto)

PACET, Jawa Pos Radar Mojokerto - Sejauh ini penerapan new normal masih belum ada titik terang. Sejumlah wisata yang dikelola pemerintah juga masih tutup. Khususnya di wilayah segitiga emas, Kecamatan Pacet, Trawas, dan Trowulan.

Namun, sektor wisata itu sudah mulai disiapkan menyambut penerapan tatanan baru. Seperti Wanawisata Air Panas Padusan, Pacet. Petugas rutin melakukan penyemprotan disinfektan tiga kali dalam sepekan.

”Sampai saat ini wisata air panas masih tutup. Tapi, protokol kesehatan sudah kami siapkan, dan siap untuk dibuka kembali jika new normal diterapkan,” kata Suharto, Koordinator Pemandian Wanawisata Air Panas Padusan, Pacet, kemarin.

Sejumlah protokol kesehatan yang sudah dilakukan di antaranya rutin melakukan sterilisasi wisata. ”Kami melakukan penyemprotan disinfektan tiga kali dalam seminggu,” ungkapnya. Penyemprotan itu dilakukan secara keseluruhan di kawasan wisata. Mulai dari pintu masuk hingga kolam renang.

Tak hanya itu, protokol kesehatan juga telah disiapkan. Seperti menyediakan bilik disinfektan dan tempat cuci tangan bagi pengunjung atau wisatawan. ”Sehingga jika nanti new normal diberlakukan, pengunjung wajib mematuhi peraturan protokol kesehatan. Seperti menjaga jarak aman dan wajib memakai masker,” jelasnya.

Kendati sudah siap beroperasi, dirinya masih belum mengetahui kapan pintu air panas ini akan dibuka kembali bagi para pengunjung. ”Sebenarnya wisata sudah siap buka. Tapi, masih menunggu instruksi dari pemkab. Apabila ada perintah untuk dibuka maka akan langsung kami operasikan,” katanya. Kata Suharto, kesiapannya itu pun akan dilakukan pengecekan ke lokasi oleh Bupati Pungkasiadi.

Hanya, peninjauan wisata oleh orang nomor satu di lingkungan pemkab yang dijadwalkan hari ini ditunda. Penundaan ini setelah Pungkasiadi sedang menghadiri acara di Jakarta. ’’Peninjauan akan dijadwalkan ulang. Kalau di lapangan sudah siap,’’ tambah Kadisparpora Kabupaten Mojokerto, Amat Susilo.

Peninjauan dilakukan untuk mengecek kesiapan sekaligus keamanan saat nantinya dibuka kembali dengan tatanan baru. Yakni, dengan mewajibkan protokol kesehatan Covid-19 kepada semua pengunjung. (hin)

(mj/ori/ris/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia