alexametrics
Senin, 30 Mar 2020
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto

858 Pelamar CPNS Pemkab Mojokerto Melenggang

24 Maret 2020, 12: 00: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Jawa Pos Radar Mojokerto

Para pelamar CPNS usai menjalani SKD di Graha Mojokerto Service City (GMSC) Kota Mojokerto, pada 4 hingga 7 Februari lalu. (farismarohmawan/radarmojokerto.id)

KABUPATEN, Jawa Pos Radar Mojokerto – Pemkab Mojokerto akhirnya mengumumkan hasil tes seleksi kompetensi dasar (SKD) rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019. Sebanyak 858 dari total 5 ribu peserta SKD ini, dinyatakan lolos dan berhak melenggang ke tahapan berikutnya.

Mereka akan mengikuti ujian kembali di seleksi kompetensi bidang (SKB) sebagai tahapan terakhir, sebelum dinyatakan resmi menyandang PNS di lingkungan Pemkab Mojokerto. Kepastian kelolosan 858 pelamar itu berdasarkan pengumuman hasil SKD yang sudah diunggah Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), dan bisa di-download langsung di laman website: http://mojokertokab.go.id.

Dari daftar itu, 858 pelamar berhasil menyisihkan 4.316 pelamar lain berdasarkan ambang batas nilai dan kiriteria kelolosan SKD, sesuai Permen PAN-RB Nomor 24 Tahun 2019. Di mana, peserta berhak mengikuti SKB setelah melalui persaingan ketat.

Yakni, nilai SKD memenuhi ambang batas (passing grade), masuk dalam peringkat tiga kali dari jumlah lowongan di 400 formasi yang disediakan. ’’Sesuai kriteria sejak awal rekrutmen, peserta yang lolos adalah yang secara kompetensi memenuhi standar kualitas. Karena tujuannya adalah untuk mencetak SDM pemerintahan yang unggul,’’ tegas Susantoso, kepala BKPP Kabupaten Mojokerto.

Namun, pemkab belum bisa memutuskan waktu pelaksanaan tes SKB sebagai tahapan berikutnya. Sempat dikabarkan akan bergulir Rabu (25/3), tes SKB akhirnya ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan. Penundaan ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri PAN-RB Nomor B/318/M.SM.01.00/2020, tertanggal 17 Maret 2020.

Yang mana, pelaksanaan SKB akan diumumkan lebih lanjut pemkab sampai situasi kondusif dari persebaran virus korona (Covid-19). ’’Kita masih menunggu instruksi dan informasi lebih lanjut dari BKN dan Menteri PAN-RB. Peserta bisa memperhatikan informasi dengan seksama,’’ tegasnya.

Sebelumnya, tes SKD digelar pemkab di Graha Mojokerto Service City (GMSC) Kota Mojokerto, pada 4 hingga 7 Februari lalu. Diikuti 5.174 pelamar, ujian dibagi dalam 19 sesi. Pelamar diuji dengan tiga materi dengan passing grade nilai yang sudah ditentukan. Mulai dari materi wawasan kebangsaan (TWK) dengan ambang batas 65 poin, intelegensi umum (TIU) 80 poin, dan tes karakteristik pribadi (TKP) 126 poin.

Selain di laman website pemkab, pelamar juga bisa memantau informasi seputar seleksi CPNS di laman https://sscn.bkn.go.id/ dan Jawa Pos Radar Mojokerto.

(mj/far/ris/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia