alexametrics
Senin, 30 Mar 2020
radarmojokerto
Home > Lifestyle
icon featured
Lifestyle
Saat Budaya Literasi Kian Turun

Gadget Bikin Minat Baca Surut

14 Maret 2020, 07: 25: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Jawa Pos Radar Mojokerto

Model: Tiara (sofankurniawan/radarmojokerto.id)

MENURUNNYA budaya literasi ditandai dengan semakin berkurangnya kunjungan di perpustakaan. Indikasi ini alih-alih disebabkan oleh perkembangan teknologi yang menawarkan sejumlah kemudahan. Duta Baca Kota Mojokerto Vallene Laurencia menuturkan, saat ini budaya berliterasi memang menurun. Salah satu penyebabnya adalah berkurangnya kunjungan masyarakat ke perpustakaan. Sedangkan jumlah perpustakaan sendiri kian berkurang.

Sekarang ini, kata dia, kemampuan literasi banyak teralihkan kepada produk teknologi informasi. Salah satunya adalah meningkatnya penggunaan gawai alias gadget. ’’Karena zaman sekarang kan ada banyak hal yang mengalihkan perhatian. Misalnya, gawai dan media sosial,’’ kata Vallence.

Produk teknologi informasi itu terbilang memang menawarkan kemudahan. Menurut dia, hal itu sebenarnya bisa digunakan pula untuk mendukung budaya literasi. Karena lewat gawai, bisa pula diunduh aneka produk literasi seperti buku elektronik, artikel, hingga karya sastra versi elektronik. ’’Akan tetapi, orang banyak yang memilih media sosial atau menggunakan gawai untuk bermain game,’’ tukas dia.

Untuk itu, ke depannya, dia berharap agar budaya literasi dapat dikembangkan lagi. Caranya dengan mendekatkan produk literasi di kalangan generasi muda. Kemudian memperbanyak tempat-tempat yang menyediakan buku, majalah, dan produk literasi lainnya. ’’Harus dimulai dari lingkungan sekitar, seperti keluarga, sekolah dan tempat tinggal,’’ tambah dia.

Atau dengan membuat tempat membaca semenarik mungkin. Semisal membuat kafe atau tempat nongkrong yang dilengkapi perpustakaan. Atau membuka tempat baca gratis bagi anak-anak sekolah. ’’Di tempat publik juga perlu diperluas akses ke produk literasi,’’ imbuh dia.

(mj/fen/ron/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia