alexametrics
Sabtu, 04 Apr 2020
radarmojokerto
Home > Mojokerto
icon featured
Mojokerto

Dorong Inspektur Tambang Lihat Lokasi

17 Februari 2020, 07: 25: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Jawa Pos Radar Mojokerto

DPRD Kabupaten Mojokertos saat meninjau lokasi galian yang disinyalir tak berizin. (khudori/radarmojokerto.id)

KABUPATEN, Jawa Pos Radar Mojokerto - Kalangan dewan mendorong Inspektur Tambang Pemprov Jatim meninjau lokasi galian golongan C (pasir dan batu). Itu menindaklanjuti hasil koordinasi di tingkat Jatim terkait penertiban galian C ilegal di Kabupaten Mojokerto.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Mojokerto, Arif Winarko, mengatakan perlu bagi Inspektur Tambang memeriksa langsung kondisi lahan yang dipakai galian ilegal. Itu untuk memastikan kondisi lingkungan yang rusak diakibatkan kegiatan illegal tersebut. ’’Kami berharap Inspektur Tambang turun dan tinjau ke lapangan,’’ kata dia.

Dijelaskannya, keberadaan lokasi galian C ilegal masih marak berlangsung. Namun, instansi di daerah tidak banyak berkutik. Lantaran, kewenangan monitoring mutlak berada di Pemprov Jatim. ’’Kami sarankan agar pengawasan dari pemprov dilakukan,’’ jelas dia.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten, Edi Ikhwanto, mengatakan, hasil koordinasi dengan Satpol PP Provinsi dan aparat hukum, rencana penertiban galian ilegal bakal direalisasi. Sebelumnya, pihaknya dimintai menggelar fasilitasi dan sosialisasi dengan pihak terkait baik itu OPD Pemkab hingga pelaku usaha galian. ’’Sudah ada rencana penertiban. Sebelumnya kita diminta fasilitasi pertemuan di gedung dewan,’’ kata dia.

Terhadap rencana itu, pihaknya mendukung penuh upaya dari Pemprov Jatim. Lantaran, niatan melakukan monitoring hingga penertiban akhir muncul dari pemprov selaku pemangku kewenangan izin dan pengawasan galian C. ’’Pekan depan akan kami gelar pertemuannya,’’ tandas politisi PKB ini.

Dorongan agar Inspektur Tambang terjun ke lapangan juga disampaikan OPD Pemkab. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Mojokerto Bambang Purwanto, mengatakan, pihaknya juga turut mengadu atas kerusakan lingkungan atas maraknya galian C ilegal di kabupaten.

Pihaknya meminta agar Inspektur Tambang melakukan pengecekan ke lapangan. Sehingga jika ada ketidaksesuaian dapat segera ditindaklanjuti. Karena galian C ilegal menjadi permasalahan yang membutuhkan perhatian. ’’Kalau ada pengecekan, bisa diketahui,’’ kata dia.

Diketahui, atensi terhadap lokasi galian C ilegal kian digencarkan sejumlah pihak. Dewan pun mendorong penertiban dilakukan pemprov. Juga, membentuk tim penertiban tingkat Forkopimda. Dewan sendiri telah intensif mengusung isu galian C ilegal sejak akhir tahun 2019 lalu.

(mj/fen/ris/ron/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia